Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hilangkan Baret Halus di Body, Kalau Dalam, Gosok Dikit Aja

Senin, 14 Agustus 2017 | 10:44 WIB
No caption
No credit
No caption

Nyesek emang baru punya mobil baru, eh, udah lecet atau tergores. Trus gimana ngilanginnya? 
 
Jakarta - Sobat pasti kesal bila mendapati body mobil kesayangan lecet atau baret. Entah itu terkena ranting tanaman tetangga saat melewati gank sempit di komplek, terserempet setang motor atau sepeda anak maupun benda-benda lainnya. 
 
No caption
No credit
No caption
Kalau pakai amplas 2000, polesannya mesti pakai mesin bila ingin hasil maksimal
 
Apalagi bila mobil tersebut baru saja ditebus dari dealer, hugghh.. rasanya hancur hatiku! Haiyahh.. ojo lebay ahh! Kan kalau kebetulan mobil sobat itu diasuransi all risk, tinggal klaim saja. Bila perlu nunggu baretnya sampai banyak dulu, hihihi..
 
Tapi gimana dengan yang gak ikut asuransi? Ya tenang, “Selama baretnya enggak dalam dan tidak merusak lapisan catnya, masih bisa dihilangkan kok,” bilang Acong, teknisi urusan perawatan body di bengkel Anugrah Motor di Depok, Jawa Barat.
 
No caption
No credit
No caption
Usakahan arah polesan searah
 
Masih kata Acong, bila baretnya halus, bisa dihilangkan menggunakan obat poles yang banyak dijual di swalayan. “Tapi, bila goresannya agak dalam dan masih pada lapisan pernis, ada proses lain yang mesti dilakukan terlebih dulu,” bilang pria yang bengkelnya mangkal di Jl. Proklamasi No.100, Depok 2 Tengah, Depok ini.
 
Proses yang dimaksud Acong, yakni dengan menggosok sedikit permukaan body yang baret-baret tadi pakai ampelas halus. “Minimal pakai empelas ukuran 2.000,” tukasnya. Upss.. gak terlalu kasar tuh? 
 
No caption
No credit
No caption
 
Hemm.. kalau teknisi repair body kan pastinya sudah terbiasa dan tahu triknya, nak kalau kita yang mau garap sendiri di rumah, piye? “Kalau mau aman dan agar lapisan pernis tidak termakan banyak, pakai yang ukuran 4.000 saja,” saran Sukandi Endah, teknisi bengkel OSS di Jl. Panjang No.8A, Kebeon Jeruk, Jakarta Barat.
 
Langkahnya, mula-mula bersihkan permukaam body yang lecet dari kotoran atau debu yang nempel. Kemudian dilanjutkan mengampelas bagian yang baret, pakai ampelas secara searah pakai ampelas dengan ukuran yang tadi disebutkan. 
 
Finishingnya, poleas menggunakan wax untuk mendapatkan efek wet look
 
Sampai bagian yang baret terlihat samar dengan permukaan body di samping-sampingnya. Oh iya, ngampelasnya jangan ditekan terlalu kuat ya sob, karena dikhawatirkan lapisan pernisnya habis.
 
Jika sudah yakin baret-baretnya terlihat rata lagi, baru deh poles permukaan yang kena ampelas pakai kompon, yang digosok pakai kain halus atau microfiber. Usahakan mengusap kainnya secara memutar ya. 
 
Ulangi beberapa kali sampai permukaan body yang diampelas terasa licin dan kembali menilap.  Nah, setelah yakin permukaan body yang baret tadi sudah kembali halus dan mengilap, sebagai finishingnya untuk mencuatkan efek wet look, poles lagi permukaan body tadi pakai wax. 
 
Dijamin deh body yang tadi baret-baret halus, akan kembali kinclong seperti baru lagi. Tuh, lihat saja foto-fotonya seperti yang dipraktikkan di bodi Suzuki Ertiga yang terserempet ujung setang motor!   (DiC/Otomotifnet.com)
 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa