Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengupas Spek Mesin Xpander, Ternyata Begini Faktanya

Andhika Artawijaya - Selasa, 15 Agustus 2017 | 01:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Tangerang - Seperti yang sudah diberitakan Otomotifnet.com, Mitsubishi Xpander menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter (1.500 cc) berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve. Kode mesinnya 4A91.

Menurut pihak Mitsubishi, mesin tersebut merupakan pengembangan baru. Terutama teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system).

Tapi, berdasarkan penelusuran Otomotifnet.com, dapur pacu 4A91 ini dipakai juga di Mitsubishi Colt CZC 1.5 L.

Eitss.. tapi jangan ngebayangin sosok Mitsubishi Colt T120SS ya. Karena Colt CZC 1.5 bentuknya mini coupe yang tampil modern.

No caption
No credit
No caption
Mesin Colt CZC 1.5 L
Mitsubishi Colt CZC 1.5 L

Saat dilihat bentuk mesinnya, sama persis dengan yang dipakai Xpander.

Namun dari info yang Otomotifnet.com dapatkan, selain teknologi MIVEC, mesin 4A91 di Xpander juga mengalami perubahan di sistem oil pan-nya atau bagian karter.

Yaitu oil pan tersebut dirancang menggunakan dua material. Bagian atasnya terbuat dari bahan aluminium, sementara sisi bawahnya dari besi.

Tujuan pemakaian material aluminium tersebut untuk mengurangi bobot mesin, yang secara otomatis akan mengurangi getaran atau vibrasinya.

Oh iya, mesin Xpander ini menggunakan penggerak kem model rantai loh alias timing chain. Secara daya tahan, tentu lebih kuat dan lebih lama masa penggantiannya dibanding model timing belt.

Sayang belum diketahui berapa rasio kompresinya. Namun masih direkomendasikan menggunakan bahan bakar RON 90.

Mesin ini juga direkomendasikan menggunakan oli MMGO dengan tingkat kekentalan 5W-30.

Pihak Mitsubishi memberikan  garansi mesin hingga 3 tahun atau 100 ribu km (mana yang tercapai lebih dulu). Asyiknya lagi free service (jasa) hingga 50 ribu km. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa