Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

10 Info Otomotif Terpanas Saat Ini, Jangan Remehin Mobil Pajangan!

Selasa, 22 Agustus 2017 | 19:03 WIB
Daihatsu DN F-Sedan
Iday/otomotifnet
Daihatsu DN F-Sedan

TANGERANG - Di balik kemeriahan pameran mobil baru di GIIAS ada banyak info panas di dunia otomotif tanah air. Beberapa berupa rumor yang masih harus dikonfirmasi, beberapa bocoran halus dan lainnya sudah berupa tendensi menuju realisasi. 

Nah, Anda penggemar otomotif, cek info-info berikut yang kami rangkum dari beberapa narasumber. 

1. Pabrikan mobil ngebut rencana pembuatan mobil listrik dan hybrid. Kabarnya malah sudah ada yang siap Desember ini.Yohannes Nangoi, Ketua Gaikindo mengungkapkan tiap pabrikan sudah punya mobil hybrid dan listrik. "Tinggal masukkan ke Indonesia saja," ujarnya di GIIAS 2017 (19/8).

Hal ini menyusul rencana pemerintahan presiden Jokowi yang ingin penggunaan kendaraan listrik sebanyak 20 persen pada 2025. Aturannya saat ini juga lagi dikebut.

2. Lagi dirancang aturan kalau konsumsi bahan bakar minimal 1 liter bisa untuk 28 kilometer maka akan mendapat insentif pajak. 

3. Mobil yang bisa memenuhi ketentuan 1:28 tadi dipastikan bermesin hybrid. Mobil bensin akan keok jika dipaksakan. Meski kapasitas cc-nya kecil akan tidak menarik di pasar.

4. Kalau ketentuan 1 liter untuk 28 km tadi diberlakukan banyak yang sudah siap. Toyota misalnya dengan C-HR hybrid. 

5. Itu sebabnya Mercedes-Benz Indonesia enggak menjual E350 Plugin Hybrid saat ini. Karena ikut menanti aturan insentif pajak. Malah konsumsi bensinnya diklaim bisa tembus  2,5 liter untuk 100 km, nyaris 1:50! 

6. Kalau sampai insentif pajak mobil berkonsumsi bahan bakar 1:28 sampai 50 persen, harga Mercede-Benz E350 Plugin Hybrid bisa menyundul harga C-Class sekarang.

7. Jelas, dengan rencana ngebut pemerintah tersebut, Nissan Note E-Power bukan sekedar mobil pajangan. Nissan listrik tanpa colokan ini sudah ambil ancang-ancang untuk dijual. Kalau listrik ngedrop, cukup ke pombensin untuk jadi energi listrik. Compatible banget dengan kondisi kelistrikan Indonesia saat ini.

8. Info lama yang masih hot yakni pemerintah berencana menurunkan pajak sedan kecil. 

9. Jika saja pajak untuk sedan kecil tersebut terealisasi maka Toyota tak akan menyia-nyiakan peluang ini untuk menelurkan mobil murah dengan model sedan.

10. Skema lain untuk sedan kecil Toyota yakni menggunakan produk Daihatsu. Itu sebabnya, jangan remehkan kehadiran mobil konsep sedan Daihatsu DN F-Sedan. Bisa jadi ini versi sedan murahnya Toyota-Daihatsu saat regulasi pajak sedan sudah dipangkas. (Otomotifnet.com)

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa