Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa Sih Fungsi 'Gantungan Baju' di Mobil F1?

DAB - Senin, 28 Agustus 2017 | 17:40 WIB
No caption
No credit
No caption

BELGIA - Berubahnya regulasi bodi mobil di musim 2017 memang membuat para insinyur teknik di tim F1 a memutar otak khususnya di sistem aerodinamika. 

Ukuran sayap belakang yang lebih pendek dan lebih lebar dinilai membuat aerodinamika tidak begitu maksimal. Hal ini membuat para desainer bodi membuat 'gantungan baju' atau T-Wings yang ada di bodi belakang F1. 

T-Wings ini berfungsi untuk menghantarkan angin dari moncong depan dan dialirkan ke sayap belakang yang lebih 'ceper'.

Keberadaannya ini menjadi abu-abu antara disetujui atau tidak. Sebab dalam regulasi F1, tidak boleh ada perangkat tambahan yang berada di antara 'sirip' dan dan sayap belakang. 

T-Wings milik Ferrari berada di atas sirip dan dekat sayap belakang.

Nah T-Wing yang lebar dan tinggi ini dinilai menggantikan peran sayap belakang tahun lalu yang lebih tinggi. Selain itu, perangkat T-Wings ini juga dirasa mengganggu aliran udara kala melakukan slipstream. 

Penggunaannya sempat dinilai membahayakan karena perangkat tersebut diaplikasikan terpisah dan bisa saja lepas dari bodi dan membahayakan pembalap yang ada di belakangnya.

Tapi tim sudah mengembangkan lebih jauh dan membuat T-Wings ini menyatu dengan bodi mobil. 

Jika sekilas, kasus ini mirip aplikasi winglet yang diterapkan di MotoGP. Sampai akhirnya para tim melakukan modifikasi dari celah regulasi yang melarang. (Otomotifnet.com/DAB)

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa