Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pantas Kalau Nissan Bakal Gampang Bikin Mobil Listrik Di Indonesia. Di Jepangnya Aja Kayak Begini

Iday - Minggu, 10 September 2017 | 21:41 WIB

OPPAMA-Pantas kalau Nissan bakalan gampang kalau mau bikin mobil listrik di Indonesia.

Setelah melihat langsung pabrik mobil Nissan di Oppama Plant (7/9), ternyata mereka mencampur produksi mobil listrik Nissan LEAF dan Note e-Power dengan mobil-mobil lain yang bermesin motor bakar.

Artinya, line atau jalur yang sama juga bisa dipakai untuk merakit mobil listrik. Tanpa perlu repot membuat jalur baru khusus mobil listrik.

Kebayang kan, kalau cara ini kemudian tinggal dicopy paste-kan saja ke pabrik-pabrik baru di luar Jepang kelak.

Bos-bos di pabrik Nissan Oppama sempat agak lama menjawab pertanyaan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk persiapan membuat pabrik mobil listrik?

Berkali-kali bilang, enggak ada. Itu karena menurut mereka sama saja dengan persiapan untuk mobil biasa.

Meski demikian bukan berarti enggak ada kesulitan dan tantangannya lo. Sebab untuk memproduksi mobil listrik yang siap pakai ada tiga tantangannya.

"Kesulitannya ada 3. Kami membuat mobil konvensional, e-Power (listrik namun dengan sumber energi bensin) dan listrik. Fari satu model ke model lainnya, ketiganya berbeda part yang dibutuhkan. Waktu prosesnya pun beda," Tooru Takahashi, Vice President, General Manager Oppama Plant Nissan Motor Co., dalam sesi tanya jawab.

"Selain itu, seperti New LEAF yang punya ProPilot Park, kami harus membuat yakin kalau  fitur ini bekerja dengan baik. Untuk itu kami harus melakukan inspeksi dengan tepat," lanjutnya.

Pabrik Nissan Oppama sendiri merupakan salah satu dari 3 pabrik Nissan di Jepang. Dua lagi di Zama dan Yokohama.

Di sini dirakit Nissan Juke, Cube, Note, LEAF dan Sylphy. Produksinya 900 unit perhari dan 140 unit di antaranya LEAF.

"Tempat pengembangan terkini ada di Oppama plant yang disebarkan ke seluruh dunia. Itu sebabnya di sini sangat sensitif," ucap  menjawab pertanyaan seorang jurnalis mengapa lokasi memotret sangat terbatas di pabrik ini. (Otomotifnet.com)

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa