Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berikut Tiga Jenis Paket Modifikasi Motor Khusus Untuk Difabel

Parwata - Kamis, 23 November 2017 | 20:00 WIB
Modifikasi Yamaha Mio tiga roda
Istimewa
Modifikasi Yamaha Mio tiga roda

Otomotifnet.com - Sejak Polri menerbitkan SIM D diperuntukan bagi penyandang difabilitas, makin banyak pihak difabel untuk mengendarai motor atau mobil sendiri.

Dengan kendaraan yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar mereka tetap beraktifitas secara normal tanpa harus menggantungkan diri pada orang lain.

Motor jadi yang paling banyak terlihat di jalan raya.

Dimodifikasi dengan tiga roda, mempermudah mereka yang memiliki kekurangan pada bagian pinggang ke bawah.

Di sekitaran Jabotabek ada dua bengkel yang sudah lama berkiprah melayani teman-teman difabel, Doctor Matic di Jakarta dan Modifikasi Motor Roda 3 di Tangsel.

Modifikasi Motor roda tiga. Konsumen tak segan mendatangkan motor baru, bahkan dari luar kota untuk segera dimodifikasi.
Istimewa
Modifikasi Motor roda tiga. Konsumen tak segan mendatangkan motor baru, bahkan dari luar kota untuk segera dimodifikasi.

Matic Bikin Gampang

Saat ini motor matic memang lebih mudah untuk kaum difabel yang kekurangan pada kakinya.

Penyebabnya jelas, karena pengoperasian gas dan rem semuanya dikendalikan oleh tangan.

"Kalau dulu motor bebek manual kan harus pindahin rem kaki ke tangan kiri. Belum lagi bikin tuas untuk persenelingnya," kata Supri, mekanik dari bengkel Modifikasi Motor Roda yang beralamat di Jl Wijaya Kusuma, Ciputat Timur, Tangsel, Banten.

Jadi, motor hanya ditambahkan rangka belakang. Bagian ini sebagai rumah bagi as roda yang pusat penggeraknya nanti ada di ban belakang kanan.

Modifikasi motor roda tiga. Mulai bikin rangka, hingga pemasangan semuanya handmade. Tapi jangan diragukan kekuatannya yah. Aman kok
Istimewa
Modifikasi motor roda tiga. Mulai bikin rangka, hingga pemasangan semuanya handmade. Tapi jangan diragukan kekuatannya yah. Aman kok

"Ban yang bergerak dari mesin itu cuma ban kanan, ban kiri cuma dipasang bearing dan ikut muter saja," Supri menambahkan.

Bengkel yang dinahkodai Catur Bambang ini sudah beroperasi sejak 2012. Apalagi, Catur yang juga punya keterbatasan ini ingin teman-teman yang senasib dengannya tetap mandiri, khususnya dalam berkendara.

Pun demikian dengan Ali Wardana, pemilik Doctor Matic yang beralamat Jl. Harapan Mulia XI, Kelurahan Harapan Mulia, Kemayoran, Jakpus.

Ia sampai tidak ingin mengambil untuk banyak dari teman-teman difabel.

Kita mah emang spesialis modifikasi motor matic saja, kebetulan order untuk motor roda tiga khusus difabel ini makin banyak dari dulu.

Kita jadikan proyek pahala deh, makanya tidak mengambil untung banyak, tutur pria berjanggut lebat tersebut.

Modifikasi motor roda tiga.  Sepakbor bisa diwarnai senada dengan warna asli motor.
Istimewa
Modifikasi motor roda tiga. Sepakbor bisa diwarnai senada dengan warna asli motor.

Editor : Iday
Sumber : OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa