Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Satpol PP Cantik Naik Suzuki Inazuma, Duh.. Bawaannya Pengen Ikut Ditertibkan

Taufan Rizaldy Putra - Senin, 22 Januari 2018 | 10:20 WIB
Anggota Satpol PP Cantik yang mengendarai Inazuma dan KLX
KOMPAS.com/Ika Fitriana
Anggota Satpol PP Cantik yang mengendarai Inazuma dan KLX

Otomotifnet.com - Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) biasanya terkesan tegas dan menyeramkan di mata masyarakat.

Ada nuansa yang berbeda dengan petugas Satpol PP di Kota Magelang, karena ada sejumlah wanita cantik yang tak kalah berwibaha menjadi anggota.

Mulai awal 2018 ini, mereka rutin berpatroli ke sejumlah aset pemda, seperti rumah dinas bahkan sampai ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang Pilkada tahun 2018.

Jangan pandang sebelah mata Satpol PP cantik ini, mereka mengendarai Suzuki Inazuma dan Kawasaki KLX selama bertugas.

(BACA JUGA: Percaya Nggak, Hino Zaman Old Cuma Segede Bajay)

"Kami sedang berpatroli, ini salah satu tugas kami sebagai anggota Satpol PP ikut menjaga aset pemerintah dan keamanan lingkungan sekitar," ujar salah satu anggota, Galuh Ajeng Putri Pertiwi (26), yang diwawancarai di tengah-tengah patroli rutinnya.

Galuh menuturkan, Satpol PP memang didominasi oleh laki-laki, tetapi sejak pertengahan 2016, Satpol PP Kabupaten Magelang merekrut anggota honorer perempuan.

Galuh tertarik bergabung karena ia ingin menunjukkan bahwa perempuan pun bisa berperan menegakkan perda tanpa terkesan garang.

"Meskipun perempuan jangan terlihat lemah," ucap gadis asal Kecamatan Ngablak ini.

(BACA JUGA: Mau Jajan Motor Trail Seken? Ada Banyak Dari Jepang Hingga Eropa)

Monica Dwi Utami (21), anggota Satpol PP lainnya, juga berpendapat, semula dia tidak yakin dengan pekerjaan barunya di satuan ini.

Namun, setelah menekuninya ternyata ia menikmati tantangan baru itu.

Kepala Satpol PP Kabupaten Magelang Imam Bashori menjelaskan, pihaknya sudah merekrut anggota Satpol PP honorer, yaitu 10 perempuan dan 30 laki-laki.

"Tugas anggota Satpol PP secara menyeluruh mereka juga dilibatkan. Tidak hanya patroli, tapi juga macam-macam mulai pengamanan, penegakan perda. Juga tidak hanya pas pilkada saja, tapi hari-hari biasa," jelas Imam saat dihubungi, Rabu (10/1/2018).

Lanjut Imam, perekrutan anggota perempuan memang sebagai upaya mengikis anggapan masyarakat tentang Satpol PP.

(BACA JUGA: Terungkap! Kronologi Kejadian Insiden Sunmori Harley Versus Mazda CX-5)

Dengan adanya anggota perempuan maka diharapkan pendekatan terhadap masyarakat jadi lebih humanis.

"Kami ingin sedikit mengikis anggapan masyarakat kalau Satpol PP itu sangar. Kami ingin lebih humanis karena terkadang (masyarakat) terpengaruh berita di TV," ucapnya.

Meski untuk perempuan, perekrutan tetap memberlakukan seleksi yang ketat. Mereka harus lolos persyaratan administrasi, tes fisik, tertulis, wawancara, hingga memenuhi kriteria minimal tinggi/berat badan, bebas dari narkoba, dan sebagainya.

"Semua anggota perempuan yang lolos juga punya keahlian khusus, ada yang bela diri, tinju, karate, taekwondo, paskibra, informasi teknologi, termasuk bisa mengendarai motor besar," ungkapnya.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul "Satpol PP Cantik Berkendaraan Moge Ini Siap Amankan Magelang"

Editor : Taufan Rizaldy Putra
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa