Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan ECU Standalone Yamaha YZF-R25, Ada 4 Merek Nih

Parwata - Minggu, 22 April 2018 | 11:10 WIB
Ilustrasi Yamaha YZF-R25
Dok Otomotif
Ilustrasi Yamaha YZF-R25

Otomotifnet.com - Pada mesin injeksi seperti Yamaha YZF-R25, salah satu bagian terpenting adalah ECU (electronic control unit).

Peranti ini merupakan otak dari sistem manajemen mesin.

ECU ini mengatur mulai dari kapan dan berapa banyak bensin disemprotkan injektor, kapan busi meletikkan api, mengatur idle, mengaktifkan extra fan dan sebagainya.

Pada ECU standalone, fungsinya biasanya lebih kompleks, tak hanya parameter standar tadi, tapi ada pula yang bisa ditambah peranti pendukung di balap, misal quick shifter, data logger, AFR Modul dan sebagainya, yang semuanya bisa diatur ulang sesuai kebutuhan dan keinginan tuner.

ECU standalone buat R25 yang terbaru ada Juken 5 Pro dari BRT. Menurut Tomy Huang dari BRT, ECU ini baru saja keluar dan sudah bisa dipesan.

Ada apa saja sih ECU standalone buat R25? Nih pilihannya. (Aant/Otomotifnet.com)

(BACA JUGA: Cantiknya.. Artis Sheila Marcia Ngaku Ketagihan Saat Ngerasain Pengalaman Pertama)

BRT Juken 5 Pro
Rizky/Otomotifnet
BRT Juken 5 Pro


BRT Juken 5 Pro

Merek ECU yang sekarang bermarkas di Sentul, Bogor, Jabar ini punya fitur yang seabreg, termasuk ada opsi AFR Modul sehingga kondisi pembakaran bisa dibaca sebagai acuan mekanik menyeting bensin dan pengapian.

Bisa pula diaktifkan pakai dua injektor dan berbagai fitur lain yang mendukung di balap. “Harganya Rp 1,5 juta saja, kalau sepaket dengan AFR Modul jadi Rp 3 juta,” terang Tomy Huang.

aRacer
Istinewa

aRacer

Merek asal Taiwan ini sudah terkenal di balap. Menurut Freddy A Gautama daru Ultraspeed Racing yang pegang merek ini di Indonesia, ada 2 tipe yang dijual. “RC2 Super dan RC Mini Plus 2,” terangnya.

“Yang RC2 Super tuning by laptop dan semua fitur diunlock, harga Rp 7,2 juta. Yang RC Mini Plus 2 tuning pakai remote saja, harga Rp 4,3 juta,” lanjut Freddy.

Daytona Pro ECU
Aant/Otomotifnet
Daytona Pro ECU

Daytona Pro ECU

Produk ini jadi aksesori resmi Yamaha, jadi bisa dibeli di dealer Yamaha. Oleh Daytona sudah disiapkan map yang cocok untuk modifikasi ringan, misal ganti knalpot.

(BACA JUGA: Kayak Artis Dikejar Fans, Silencer Knalpot Honda CBR250RR Laku Diburu)

Jika ubahan lebih berat, bisa diseting sendiri dengan menginstal software di laptop atau mengunduh map yang ada di website Daytona. Harga ECU Daytona ini Rp 3,9 juta.

GET
Aant/Otomotifnet

Editor : Joni Lono Mulia
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa