Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tangga Keropos, Gagang Pintu Darurat Enggak Ada Jadi Temuan Pemeriksaan Bus Antarkota

Iday - Selasa, 5 Juni 2018 | 07:25 WIB
Bus Antarkota di Terminal Kampung Rambutan, Jaktim
wartakotalive.com
Bus Antarkota di Terminal Kampung Rambutan, Jaktim

Otomotifnet.com -Memprihatinkan. Bawa nyawa puluhan orang namun bus-bus angkutan umum masih banyak yang enggak laik jalan. 

Hal ini ditemukan saat Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur melaksanakan pemeriksaan kelaikan pada ratusan armada bus.

Ramp Check ini dilakukan oleh petugas dari Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur sejak tanggal 15 Mei 2018 berdasarkan instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM 10 Tahun 2017.

Sebab, ramp check berkaitan dengan keselamatan perjalanan para pemudik nantinya.

Oleh karena itu, ramp check yang dilakukan jauh-jauh hari bertujuan agar armada bus yang belum lulus uji kelaikan memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki fasilitas yang dipersyaratkan.

(BACA JUGA: Ngakak... Beli Dop Roda Kanan Gak Nawar Lagi, Eh Dop Sebelah Kiri Malah Ilang)

"Misalkan dalam bus ada pemecah kaca minimal ada lima tapi ini baru ada satu maka harus ditambah. Misal speedometer dan sabuk pengaman harus laik juga. Nanti saat H-7 kalau masih belum lengkap akan kita pulangkan," ujar Jumali, Komandan Regu Dinas Perhubungan yang bertugas di Terminal Kampung Rambutan, Senin (4/6/2018).

Terhitung sejak tanggal 15 - 31 Mei 2018, total armada bus yang telah mengikuti ramp check di Terminal Kampung Rambutan mencapai 158 bus.

Dari jumlah tersebut, hanya 16 bus yang lolos uji kelaikan, sedangkan sisanya 142 bus dinyatakan belum laik jalan.

"Hanya sekitar 10% bus yang lolos ramp check," tutur Jumali kepada Warta Kota.

Armada bus yang tidak lolos ramp check di antaranya disebabkan oleh lampu sein yang tidak menyala, kondisi ban yang tidak laik.

Lalu spidometer tidak berfungsi, pintu darurat terhalang bangku penumpang, jumlah alat pemecah kaca yang masih kurang, lampu belakang tidak menyala dan jumlah tempat duduk tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Selain itu, bus tidak dilengkapi dengan sabuk keselamatan pengemudi, gagang pintu darurat tidak ada, tabung APAR tidak tersedia, lantai atau tangga bus keropos, rem tangan tidak berfungsi dan kaca spion tidak sesuai.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Parah! Hanya 10 Persen Armada Bus yang Laik Jalan di Terminal Kampung Rambutan,

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa