Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemerintah Bikin Program, Melewati Pintu Tol Jadi Lebih Praktis, Biar Enggak Ada Antrean

Parwata - Selasa, 3 Juli 2018 | 21:50 WIB
Ilustrasi . Pintu tol Karang Tengah Barat 1 dan 2 di ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang resmi dibuka, Jumat (27/11/2015)
Wartakotalive.com/Banu Adikara
Ilustrasi . Pintu tol Karang Tengah Barat 1 dan 2 di ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang resmi dibuka, Jumat (27/11/2015)

Otomotifnet.com - Dalam rangka mengurangi antrean di jalan tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyiapkan program lanjutan dari elektronifikasi, yakni Multi Lane Free Flow (MLFF).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna menjelaskan, dengan program MLFF, pengguna jalan tol tidak perlu berhenti lagi di pintu masuk tol seperti di luar negeri.

"Jadi ke depan kita sama seperti di luar negeri tidak berhenti, lewat saja," kata Herry saat ditemui di acara FMB 9, Jakarta Pusat, Senin (2/7/2018).

Nantinya kendaraan dipasangkan alat seperti stiker yang berfungsi sebagai alat pembayaran. Lalu pada bagian atas pintu tol diletakkan alat yang akan membaca stiker tersebut, yang diletakkan di bagian atas gerbang tol.

(BACA JUGA: Bercandanya Keterlaluan! Pelempar Batu Di Tol Jakarta-Merak Ternyata Cuma Iseng)

"Transaksi tidak lagu dengan tapping, tapi cukup direspons dengan reader membaca alat yang ada di kendaran, ada yang namnya on board unit atau stiker, ini di roadmap elektronifikasi jalan tol," jelas Herry.

Untuk mengikuti tol dengan sistem MLFF, masyarakat harus mendaftarkan terlebih dahulu kendaraannya kepada operator penyedia jasa MLFF, untuk mendapatkan stiker tersebut.

Saat ini tengah disiapkan dokumen program untuk kemudian dilelang kepada perusahaan yang akan menjadi penyedia program MLFF.

"Sekarang sedang persiapan dokumen lelang. Setelah siap kita masuk ke tahapan pelelangan. setelah itu dapat badan usaha, badan usaha lalu menyiapkan Infrastrukturnya, baru nanti kita laksanakan," papar Herry.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Pemerintah Siapkan Program Baru, Pengendara Nantinya Tak Perlu Lagi Berhenti di Pintu Masuk Tol,

Editor : Indra Aditya
Sumber : wartakotalive.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa