Empat Polisi yang Cegat Iringan Presiden Jokowi Demi Ambulans, Diganjar Penghargaan

Indra Aditya - Minggu, 30 September 2018 | 11:10 WIB
Empat polisi Solo yang cegat rombongan presiden Jokowi demi ambulans
Tribun Jateng
Empat polisi Solo yang cegat rombongan presiden Jokowi demi ambulans

Otomotifnet.com - Beberapa waktu lalu, empat orang anggota polisi Polresta Solo mendahulukan ambulans ketimbang iring-iringan presiden Joko Widodo.

Kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu (15/9/2018) malam di Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo.

Hari ini empat polisi Polresta Solo yang mencegat mobil rombongan Presiden Jokowi untuk dahulukan mobil ambulans melintas di Solo mendapat penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) di Mapolresta Solo, Sabtu (29/9/2018).

Keempatnya di antaranya Ipda Suharto, Aipda Ersan, Bripka Dwi Purnomo dan Briptu Javan Bagas. 

(BACA JUGA: Oknum Polisi Main Tembak, Padahal Cuma Salah Masuk Mobil Xenia)

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan menilai, penghargaan ini menjadi bukti bahwa kepolisian senantiasa meningkatkan kinerjanya bagi masyarakat.

"Kami sangat bangga bila polri bekerja dengan lebih baik," paparnya.

Menurutnya bahkan Presiden Jokowi akan mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya kemanusiaan lebih besar dari apapun. Terlebih saat anggota Polresta Solo ini mencegat rombongan Presiden demi memberi kesempatan mobil ambulans berjalan, di dalam mobil tersebut sedang ada pasien.

"Saya kira Presiden adalah seorang negarawan yang pasti tahu betul tugas seorang polisi yang harus mementingkan hukrim dan kemanusiaan," urai dia.

Kapolresta Solo memberikan penghargaan pada empat anggota Polresta Solo
TribunSolo/Chryshna Pradipha
Kapolresta Solo memberikan penghargaan pada empat anggota Polresta Solo

(BACA JUGA: Pakai Kamera Drone, Polisi Olah TKP Land Cruiser Kapolres Yang Hancur)

Disinggung terkait hadiah yang diberikan, ia tak membeberkannya secara detail. Ia pun menilai empat polisi ini nantinya akan menjadi panutan bagi anggota yang lain, dan juga masyarakat.

Sementara Kapolresta Solo Kombes Polisi Ribut Hari Wibowo menambahkan, mengapresiasi Lemkapi yang memberikan penghargaan terhadap anggotanya. Menurutnya penghargaan ini akan dapar memberi semangat dan motivasi anggotanya.

"Jangan dilihat penghargaannya apa, tetapi apresiasinya dari Lemkapi yang membanggakan," papar dia.

Sebelumnya, salah seorang anggota kepolisian tersebut, Ipda Suharto, mengatakan bila pukul 7 malam ia dan ketiga rekannya mendapat tugas mengamankan rute jalan Presiden. Mereka bertugas di pertigaan Kerten Solo yang terkenal padat.

Unit ambulans dari RSUD Pandan Arang Boyolali dan komunitas pengawal ambulans
Istimewa
Unit ambulans dari RSUD Pandan Arang Boyolali dan komunitas pengawal ambulans

"Malam minggu padat sekali. Kami melihat ambulans terjebak di jalur lambat jalan tersebut bersama kendaraan lainnya," katanya.

(BACA JUGA: Gerbang Tol Angus, Polisi Baru Menduga-Duga)

Di waktu yang sama, iring-iringan mobil Presiden datang dari arah the Sunan Hotel Solo menuju pertigaan Kerten, menuju ke Paragon Hotel via Jalan Slamet Riyadi. Ia pun mengungkapkan, awalnya menyetop ambulans karena rombongan Presiden mau lewat.

"Tetapi saya lihat ada pasien di dalam ambulans tersebut. Maka, saya memberi kesempatan ambulans jalan sebab rombongan Presiden masih di Sunan Hotel Solo," urainya.

Ia pun mengaku berkoordinasi dengan Paspampres. Kemudian paspampres memberikan isyarat untuk membiarkan ambulans lewat. Ambulans tersebut dari RSUD Pandan Arang Boyolali yang membawa pasien emergency.

"Atas dasar kemanusiaan kami mendahulukan ambulan yang sedang membawa pasien ini", tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul 4 Polisi Dapat Penghargaan, Ipda Suharto Kisahkan Alasan Mencegat Rombongan Presiden Jokowi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

GridOto.com berkesempatan untuk hadir langsung di peluncuran Royal Enfield Continental GT 650 Twin dan Interceptor 650 Twin di Santa Cruz, California, Amerika Serikat. Kawasan pantai yang indah dan legendaris ini dipilih karena nilai history dari Royal Enfield Interceptor 650, motor ini pernah rilis di tahun 60 sampai 70an kemudian reborn di 2018 ini. Sedang Royal Enfield Continental GT 650 merupakan wujud yang baru dari Continental GT 250 dan Continental GT 535 yang sudah discontinue. #RoyalEnfieldTwins #Interceptor650 #Continentalgt650 #RoyalEnfield #RidePure #PureMotorcycling #caferacer #motorcustom #custombike #scrambler #moge #bigbike #triumph #royalenfieldcontinentalgt #royalenfieldinterceptor #royalenfieldindonesia #royalenfieldclassic350 #royalenfieldclassic

A post shared by GridOto (@gridoto) on

Editor : Indra Aditya
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X