Mau Mudik Nyaman dan Aman? Baca Edisi Khusus Tabloid OTOMOTIF Terbaru!

toncil - Senin, 27 Mei 2019 | 16:05 WIB
Tabloid OTOMOTIF edisi 02:XXIX
Tabloid OTOMOTIF
Tabloid OTOMOTIF edisi 02:XXIX

Perjalanan mudik Lebaran atau berlibur bersama keluarga tak lama lagi akan disongsong. Perjalanan akan terasa lebih menyenangkan karena infrastuktur tol yang terbentang dari pertengahan Sumatera sampai ujung pulau Jawa sudah bisa dilalui.

Selain itu, perjalanan juga akan terasa nyaman jika ditunjang dengan persiapan yang maksimal. Hmmm, ngomong-ngomong persiapan yang maksimal, Tabloid OTOMOTIF edisi khusus (02:XXIX) yang sudah terbit mengupas tuntas persiapan-persiapan tersebut.

Sebelum memasuki persiapan, patut diketahui juga jarak total tol yang sudah bisa dilalui. Panjang banget lho sekarang. Di edisi ini juga dibeberkan jumlah transaksi yang harus dibayarkan pengguna tol. Jadi, jangan salah isi uang elektronik lagi ya.

Untuk persiapa sendiri, mulai dari mobil. Seperti pemeriksaan kondisi ban yang harus dipastikan kembangan dan kedalamannya. Bukan hanya berkaitan dengan kelayakan pakai, tapi juga mengandung unsur keselamatan.

Jika ditemui kembangan ban sudah menyentuh indikator TWI (Tread Wear Indicator) maka sebaiknya ganti baru. Selain itu, coba cek ban serep. Karena jarang dipakai, bisa saja karet ban sudah mulai getas atau tekanan angin berkurang.

Masih dari mobil, kali ini berkaitan dengan pendingin ruangan (AC). Patut dipahami, selama berkendara sebaiknya AC berfungsi baik. Apalagi kalau membawa anak kecil.

Karena kalau tidak, kabin jadi panas. Dengan udara yang panas, keletihan pengendara atau penumpang justru lebih cepat. Nah, sebelum berangkat sebaiknya periksa perangkat ini. Mulai freon sampai komporesornya.

Selain mobil, para pelaku mudik atau liburan juga perlu persiapan, terutama pengendara. Ada 10 hal yang patut dicermati ketika berkendara jarak jauh dan waktu lama. Ditambah penggunaan tol yang punya pemandangan dan kecepatan monoton. Ini yang bisa bikin ngantuk dan mengabaikan safety atau defensive driving.

Mau tahu apa saja yang harus dilakukan oleh pengendara supaya tetap berkendara aman? Di edisi 02 ini ada semua ulasannya dari para pakar safety dan defensive driving.

Selain persiapan, istirahat juga perlu dilakukan selama perjalanan dong. Manfaatnya banyak nih, bukan hanya untuk orang, tapi juga mobil. Salah satunya mendinginkan ban dan rem yang sudah bekerja keras.

Editor : Panji Maulana

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X