Honda Genio Ada ‘Ular’-nya, Bukan Jimat, Tapi Manfaatnya Banyak

Antonius Yuliyanto - Sabtu, 22 Juni 2019 | 18:45 WIB
Honda Genio knalpotnya mirip ular
Aant
Honda Genio knalpotnya mirip ular

Otomotifnet.com - Ada penampakan tak biasa di mesin Honda Genio, yang merupakan generasi terbaru dapur pacu eSP 110 cc. Ternyata ada "ular" di bagian bawah mesin.

Tentu saja bukan ular beneran, tapi ada sebuah komponen yang bentuknya meliuk seperti ular. Tepatnya leher knalpot yang bentuknya memang meliuk-liuk.

Jadi dari exhaust pipa tidak langsung mengarah ke silencer, tapi meliuk ke sisi kiri mesin, lalu berputar arah ke kanan lagi, dan baru kemudian menuju silencer.

Tujuannya apa? Tampaknya agar leher knalpot lebih panjang untuk menunjang torsi, tapi ada tujuan lain. "Ada letak catalisator," terang Endro Sutarno, tecnical service division PT Astra Honda Motor.

Knalpot Honda Genio
Aant
Knalpot Honda Genio

Di leher knalpot itu memang ada bagian yang membesar, di mana di dalamnya ternyata ada catalisator yang berfungsi untuk menekan emisi gas buang.

Keunikan lain, di sisi luar leher knalpot yang tampak dari samping, ada kawat yang tak pernah ditemukan di skutik Honda sebelumnya. Buat apa ya? "Buat pelindung panas," imbuh Endro.

Jadi jika kaki pengendara atau pembonceng secara tidak sengaja menyentuh leher knalpot, tak langsung kena panasnya leher tapi tertahan dulu oleh kawat pelindung tersebut.

Oiya kawat pelindung ini juga bisa ditemukan di Suzuki Nex II.

Editor : Panji Nugraha

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X