PLN Resmikan Charging Station, Gratis Ngecas Sampai Akhir Tahun

Otomotifnet - Kamis, 31 Oktober 2019 | 09:00 WIB
Peresmian SPKLU milik PLN di Jakarta Pusat (30/10/2019)
Raspatidana/Otomotifnet
Peresmian SPKLU milik PLN di Jakarta Pusat (30/10/2019)

Otomotifnet.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero meresmikan fasilitas charging station atau Selasa (29/10/2019).

Lokasinya di kantor Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Jl. M. I. Ridwan Rais, Jakpus.

Ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan Memorandun of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara PLN dengan 20 mitra perusahaan beberapa waktu lalu.

Sekaligus implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Baca Juga: PLN Jatim Siap Borong Motor Listrik Gesits, Sampai Datangi Pabrik, Dua Ratus Unit Dipesan

"Ada tiga charging station yang kita resmikan hari ini"

"Terdiri dari 1 unit ultra fast charging 150 kW yang bisa ngecas empat mobil secara bersamaan, lalu 1 unit fast charging 50 kW DC dan 1 unit medium charging 25 kW DC"

"Dan satu lagi buat ngecas motor, sepeda dan skuter listrik," ujar Ikhsan Asaad selaku General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) dalam sambutannya.

Mengenai durasi pengisiannya, ultra fast charging 150 kW mampu negcas mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam 20 menit saja.

Fast charging 50 kW bisa mengisi energi mobil listrik dalam waktu 1-1,5 jam dan medium charging 25 kW ngecas mobil listrik hingga penuh butuh waktu 2,5-3 jam.

SPKLU atau charging station PLN
Raspatidana/Otomotifnet
SPKLU atau charging station PLN

Dirinya menambahkan, fasilitas SPKLU ini tidak kalah dengan yang ada di kantor BPPT.

Sebagai informasi, BPPT sudah terlebih dahulu meluncurkan dan mengoperasikan dua unit charging station di kantornya pada 5 Desember 2018 lalu.

Satu unit fast charging station 50 kW di BPPT Thamrin, Jakpus dan satu unit smart charging station 20kW di B2TKE-BPPT Puspiptek Serpong, Tangsel.

Khusus di BPPT Serpong sudah menggunakan energi baru dan terbarukan sebagai sumber listriknya, yaitu tenaga surya.

Baca Juga: Nissan, BMW, DFSK hingga Mitsubishi, Total 20 Mitra Stategis Digandeng PLN, Teken MoU Program Kendaraan Listrik

"Ini merupakan salah satu komitmen kami dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik. Apalagi sejalan dengan tagline PLN yaitu e-commuting dan eco living"

"Juga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi impor BBM dan gas," lanjut Ikhsan.

Disaat bersamaan, PLN juga meresmikan Stroom Coffee Cafe.

"Sambil nunggu kendaraannya di-charge, konsumen bisa ngopi dan menikmati cemilan di sini. One stop service lah," tambah pria berkacamata ini.

Saat ini, PLN sudah memasang total 6 unit SPKLU di Jakarta dan sekitarnya.

Yaitu 3 di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya, 1 di halaman PLN UP3 Bulungan, 1 di Senayan City Mall, 1 di AEON Mall BSD dan menyusul di Pondok Indah Mall.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)  milik PLN
Raspatidana/Otomotifnet
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN

Editor : Iday

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa