Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Truk Jadi Penyebab Kecelakaan Sebanyak 46%, Jasa Marga Punya Solusi Kurangi Ini?

Harryt MR - Rabu, 20 November 2019 | 11:00 WIB
Program Defensive Driving Academy
Jasa Marga
Program Defensive Driving Academy

Otomotifnet.com - Data yang dihimpun oleh PT Jasa Marga Persero menyebut, kendaraan golongan I termasuk truk jadi penyebab kecelakaan sebanyak 46% di jalan tol.

“Padahal, persentase kendaraan non golongan I hanya sekitar 8% dari jumlah keseluruhan kendaraan yang melintas di jalan tol,”

”Sehingga membuat Jasa Marga perlu menggulirkan Program Defensive Driving Academy," terang Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga.

Masih menurut Heru, program ini bersifat online dan offline.

Program Defensive Driving Academy,
Jasa Marga
Program Defensive Driving Academy,

"Offline seperti kegiatan sekarang ini, sedangkan online berupa kampanye melalui media sosial,” sambungnya di Isuzu Training Center, Harapan Indah, Bekasi, Jabar (19/11).

Pada kesempatan sama, Road Safety Consultant Jasa Marga Defensive Driving Academy, Eko Reksodipuro menyatakan, ada tiga faktor krusial di dalam diri manusia dalam berkendara, yakni kognitif, afektif, dan sensori motorik.

“Kognitif adalah pengetahuan. Afektif berkaitan dengan sikap, resistance terhadap peraturan dan sebagainya. Terakhir adalah sensori motorik yang berkaitan dengan reflek tanpa harus berpikir,"

"Jasa Marga tepat memberikan pelatihan ini kepada pengemudi truk karena dapat mengembangkan ketiga faktor tersebut,” kata Eko.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa