Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solar B30 Mulai Distribusi, Lebih Cepat Satu Bulan, Salurannya Khusus

Toncil - Senin, 2 Desember 2019 | 13:02 WIB
SPBU Pertamina Siap Biosolar B30
toncil/otomotifnet
SPBU Pertamina Siap Biosolar B30

Otomotifnet - Saat ini, Biosolar yang beredar di SPBU Pertamina punya kandungan 20%, atau biasa disebut Solar B20. Pemerintah mencanangkan pemberlakuan B30 pada Januari 2020.

Namun ternyata perusahaan plat merah tersebut justru sudah mendistribusikan B30 satu bulan lebih cepat dibanding keinginan pemerintah. Salah satu SPBU Pertamina yang sudah siap dengan B30 ada di Cilandak KKO, Jaksel. Terpampang jelas pengumuman kalau di SPBU tersebut sudah tersedia B30.

B30 sendiri merujuk kandungan fatty acid methyl ester (FAME) yang dicampur dengan Solar sebesar 30%.

Menurut Fajriyah Usman, hal ini punya dampak yang signifikan untuk Indonesia.

“Percepatan implementasi B30 akan membawa perubahan positif ke berbagai sektor. Baik dari sisi kemandirian energi nasional hingga multiplier effect terhadap sektor perkebunan dan dampak lingkungan,” kata wanita yang menjabat sebagai VP Corporate Communication Pertamina ini.

FAME yang berasal dari kelapa sawit ini untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam di Indonesia. Sehingga bisa menjaga kestabilan harga kelapa sawit di tingkat petani.

“Harga Biosolar dengan kandungan B30 ini tidak berubah dari sebelumnya. Sehingga masyarakat dapat membelinya dengan harga yang sama,” tambahnya

Menjadi pertanyaan, yakni kesiapan kendaraan-kendaraan bermesin diesel untuk ‘menenggak’ minuman Biosolar B30. Ternyata, berbagai pihak agen pemegang merek yang punya produk bermesin diesel menyatakan tidak terlalu bermasalah.

“Untuk truk Volvo, kita tidak ada masalah dengan B30. Dari factory memang sudah dipasangkan fuel system yang didesain untuk B30,” ungkap Justinus Ade Sanjaya, Sales Engineer Manager PT Wahana Inti Selaras, distributor truck dan bus Volvo.

Dengan saluran bahan bakar yang khusus untuk bisa B30 membuat produk siap diterima pasar.

Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa