Skutik Dipakai Melibas Banjir? Lakukan ini Biar Enggak Rusak!

Antonius Yuliyanto - Jumat, 3 Januari 2020 | 15:00 WIB
Skutik melibas banjir
F. Yosi
Skutik melibas banjir

Otomotifnet.com - Musim hujan diprediksi mulai masuk masa puncaknya. Hujan lebat 1 Januari 2020 kemarin langsung menimbulkan banjir di banyak wilayah termasuk Jakarta.

Buat yang beraktivitas menggunakan motor jenis skutik, tentu butuh perhatian ekstra.

Karena di balik keunggulannya yang praktis digunakan, skutik punya kekurangan, salah satunya punya ground clearance rendah. Jadi lebih beresiko jika dipakai menerabas banjir.

Kendati beresiko, saat ada genangan tidak sedikit pengendara yang tetap memilih menerobosnya, karena mungkin harus cepat sampai tujuan.

(Baca Juga: Bersihkan Komponen Mesin Pakai Solar Bahaya, Baiknya Pakai Cairan Ini!)

Biar skutik kesayangan tetap aman, tentu butuh perlakukan khusus. Apa saja yang harus diketahui sebelum menerobos, dan apa yang harus dilakukan setelahnya? Yuk simak.

Poin Penting Sebelum Melibas Banjir

Biar selamat, harus ada persiapan baik pengetahuan pengendara maupun kondisi motornya untuk menghadapi hujan lebat dan timbul genangan. Apa saja?

1. Kondisi Motor Sehat

Pastikan motor yang dipakai dalam kondisi prima. Seperti disebut oleh Ridwan Arifin, Service Education PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

“Sebelum mulai berkendara, periksa terlebih dahulu kondisi motor. Pastikan rem depan dan belakang berfungsi secara optimal, tekanan angin pada ban cukup, selain itu pastikan stok bahan bakar mencukupi agar tidak kehabisan dalam perjalanan.”

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Panji Nugraha

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa