Lama Parkir di Rumah, Mainkan Pedal Gas Mobil Sebelum Dibawa Jalan

Harryt MR - Selasa, 2 Juni 2020 | 20:35 WIB
Menjalani New Normal yang butuh mobilitas kembali, harus memastikan mobil yang lama tidak dipakai dalam kondisi yang prima
Dok. OTOMOTIF
Menjalani New Normal yang butuh mobilitas kembali, harus memastikan mobil yang lama tidak dipakai dalam kondisi yang prima

Otomotifnet.com - Sebelum dibawa jalan, cobalah mainkan pedal gas. Apakah terdeteksi suara mesin yang aneh seperti tersendat-sendat atau putaran mesin tidak stabil ketika idle?

Hal ini perlu dicermati, mengingat mobil lama parkir di rumah, ada beberapa bagian untuk memastikan mobil siap beroperasi.

“Pantau pula indikator untuk berjaga-jaga andai tiba-tiba ada lampu yang nyala,” ungkap Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

Lebih lanjut, Ricky menyarankan, masukkan gigi ke D untuk transmisi otomatis atau gigi 1 untuk transmisi manual, dan rasakan apakah ada masalah saat proses dijalankan.

Baca Juga: Lama Parkir di Rumah, Cek Sistem Kelistrikan Sebelum Nyalakan Mobil

“Maju perlahan dan injak rem sedikit untuk memastikannya bekerja dengan baik. Setelah yakin aman, baru ajak mobil berjalan keliling lingkungan rumah sembari memperhatikan bila ada gejala masalah,” sambung Ricky.

Kemudian jalankan mobil dalam kecepatan normal, dan pastikan seluruh perangkat berkerja dengan baik, seperti rem dan setir.

“Periksa indikator bahan bakar dan segera isi ke SPBU kalau kurang dari setengah, untuk mengurangi risiko tangki bensin terkontaminasi uap air,” lanjutnya lagi.

Selanjutnya, Ricky mengatakan, untuk konsumen yang tidak ingin repot menjalankan prosedur pengecekan, Auto2000 menyediakan layanan THS–Auto2000 Home Service untuk melakukan servis berkala sekaligus pengecekan kondisi kendaraan pelanggan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Toncil

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa