Bus AKAP di Jabodetabek Mulai Beroperasi, 7 Terminal Dibuka, 2 Belum

Ignatius Ferdian - Senin, 8 Juni 2020 | 18:30 WIB
Ilustrasi terminal bus
Kompas.com/Stanly Ravel
Ilustrasi terminal bus

Otomotifnet.com - Terminal-terminal bus di Jabodetabek mulai melayani perjalanan antarkota dan antarpropinsi (AKAP) mulai hari ini (8/6).

Disampaikan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana Pramseti, hal ini menyusul berakhirnya perpanjangan larangan mudik Lebaran.

Larangan mudik sedianya berlaku pada 24-31 Mei 2020, namun kemudian diperpanjang hingga 7 Juni 2020.

"Terminal-terminal bus di Jabodetabek kembali dibuka untuk melayani bus AKAP dan AKDP mulai 8 Juni 2020," kata Polana melalui keterangan tertulis yang diterima.

Baca Juga: BPTJ Bisa Saja Buka Operasional Bus AKAP dan AKDP di Jabodetabek, Tunggu Apa?

Total, terdapat 7 terminal bus di Jabodetabek yang kembali melayani perjalanan AKAP, yakni Terminal Baranangsiang (Bogor), Terminal Pondok Cabe (Tangerang Selatan), Terminal Kalideres (Jakarta Barat), Terminal Tanjung Priok (Jakarta Utara), Terminal Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan (Jakarta Timur) serta Terminal Bekasi.

"Namun dari 9 terminal yang melayani bus AKAP, terdapat 2 terminal bus yang tetap belum melayani bus AKAP, yaitu Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Poris Plawad Tangerang," jelas Polana.

“BPTJ memutuskan untuk masih menunda pelayanan Bus AKAP di kedua terminal tersebut berdasarkan rekomendasi dari pemerintah daerah/gugus tugas di masing-masing wilayah terminal berada yaitu Kota Depok dan Kota Tangerang,” ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini Jakarta sudah memasuki fase "PSBB Transisi" sementara wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi tengah memasuki fase "PSBB Proporsional", istilah yang berbeda dengan maksud yang kurang lebih sama yakni pengurangan pembatasan aktivitas umum.

Sebaran kasus Covid-19 di Jabodetabek diklaim mulai berkurang, namun wilayah-wilayah di provinsi lain, utamanya Jawa Timur sedang menjadi sorotan.

Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/08/14401551/larangan-mudik-berakhir-bus-akap-kembali-beroperasi-di-7-terminal

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Panji Nugraha

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa