Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ruas Tol Pertama Aceh Segera Beroperasi, Total 14 Kilometer, Kini Sedang Tahap Pengecekan

Ignatius Ferdian - Sabtu, 27 Juni 2020 | 16:15 WIB
Ilustrasi Tol Trans Sumatera
Dokumentasi Kemntrian PUPR
Ilustrasi Tol Trans Sumatera

Otomotifnet.com - Dikabarkan ruas jalan Tol Trans Sumatera Ruas Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang 14 kilometer segera beroperasi.

Namun sebelum beroperasi tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) akan menguji kelaikan dan kelengkapan rambu-rampu serta kelengkapan peralatan pengatur kelancaran lalu lintas jalan tol Aceh, ruas Blangbintang-Indrapuri.

Terhadap uji kelaikan tersebut, manajemen PT Hutama Karya, selaku penyandang dana pembangunan jalan tol Aceh berharap ruas tol Blangbintang-Indrapuri, sepanjang 14 Km dan pembangunan fisiknya sudah selesai 99,55 persen bisa dioperasikan bulan Juli 2020.

“Terwujud atau tidaknya harapan tersebut tergantung dari uji kelaikan yang dilakukan empat lembaga penguji jalan tol nasional yang akan datang pada bulan ini ke Banda Aceh,” kata Project Manager PT Hutama Karya, Slamet Sudradjat kepada Serambi (9/6/2020).

Baca Juga: Tol Cisumdawu Lewati 4 Bangunan SD, Terpaksa Dirobohkan, Diganti Gedung Baru

Dikatakan, dua dari empat tim  badan penguji jalan nasional itu  yaitu Badan Pegatur Jalan Tol dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, pada minggu ini  mereka menyatakan datang ke Banda Aceh untuk meninjau dan melihat serta menilai kelaikan ruas jan tol seksi IV Blang Bintang – Indrapuri sepanjang 14 Km, yang pembangunannya fisiknya sudah selesai 99,55 persen, dan segera dioperasikan.

“Kita berharap kehadiran tim penguji dari Kemenhub dan Korlantas Polri minggu depan, bisa mempercepat pengoperasian rute tol Blangbintang-Indrapuri,” pintanya.

Terkait hal itu, kata Slamet, pihaknya juga sudah menyiapkan segala keperluan untuk mendukung pengoperasian jalan tol, seperti mobil operasional.

Mesin gesek masuk tol juga sudah dipasang di dua pintu gerbang tol, yaitu di Blangbintang dan Indrapuri.

Baca Juga: Tol Trans Jawa Nyambung ke Pulau Bali Pakai Jembatan, Kadishub dan Menteri PUPR Beda Pendapat

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa