Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Otomotifnet dengan PT Suzuki Indomobil Sales

Pantas Saja SUV Tangguh, Nenek Moyangnya Ternyata Kendaraan Militer

Nana Triana - Rabu, 29 Juli 2020 | 07:00 WIB
Ilustrasi SUV
(Shutterstock)
Ilustrasi SUV

 

 

Otomotif.net - Karakter dinamis, bertenaga, dan tangguh di berbagai medan begitu melekat dengan jenis kendaraan sport utility vehicle (SUV). Coba saja Anda tanyakan pada berapa orang yang melek otomotif soal pengetahuan mereka seputar SUV. Ketiga karakter tersebut akan langsung meluncur dari mulut mereka.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ketiga karakter tersebut dimiliki SUV sebagai warisan dari nenek moyangnya yaitu kendaraan militer. Mengutip dari Drivetribe.com, cikal bakal SUV pertama kali muncul pada 1940, di tengah Perang Dunia II.

Saat itu Amerika Serikat memerlukan kendaraan utilitas kecil yang dapat melaju di berbagai medan, seperti jalanan yang bergelombang, berbatu, dan kasar. Selain itu, kendaraan tersebut juga harus memiliki banyak fungsi, mulai dari mengangkut orang hingga barang.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, diciptakanlah sebuah mobil di atas kerangka truk ringan. Kendaraan ini punya fitur ground clearance tinggi untuk memastikan pengemudi dapat melihat kondisi jalan di depannya dengan baik. Ruang kabin dan kargo mobil ini juga dibuat lebih besar. Performanya mencapai 60 horse-power.

Baca Juga: INFOGRAFIS Tren City SUV: Suzuki Jimny 'Modern'

Usai perang, jenis kendaraan ini  dimodifikasi  tampilan dan kabin jenis kendaraan tersebut agar dapat diperjual belikan sebagai kendaraan utilitas masyarakat sipil.

Namun, beberapa karakter seperti tangguh digunakan di berbagai medan, bertenaga, dan berkapasitas besar tetap dipertahankan. Kendaraan jenis ini kemudian disebut dengan nama station wagon.

Pada 1980-an barulah munculah istilah SUV yang merujuk pada kendaraan dengan DNA station wagon yang tampilannya sporty, mewah, dan dilengkapi sederet fitur berkendara canggih.

Seiring dengan berjalannya waktu SUV terus berevolusi menjadi semakin modern baik dari segi tampilan maupun fitur. Modelnya juga bertambah menyesuaikan kebutuhan konsumen otomotif.

Merangkum dari situs Wheelzine, saat ini di dunia otomotif dikenal beragam jenis SUV, di antaranya large SUV, mid-size SUV, compact SUV, dan mini SUV.

Sedangkan dari segi fitur dan kegunaan SUV dapat diklasifikasikan menjadi luxury SUV, off-road SUV, dan car-like SUV (crossover).

Saat ini hadir pula model SUV baru yaitu low SUV(LSUV) yang merujuk pada SUV berukuran sedang dengan fitur yang lebih kompak dan harga lebih terjangkau.

Digemari di Indonesia

Meski pasar otomotif Tanah Air didominasi oleh MPV, tidak sedikit konsumen otomotif yang menjadikan SUV sebagai kendaraan pilihan. Menurut data Gaikindo, pada periode 2018-2019 penjualan SUV tercatat meningkat sekitar 27 persen.

Baca Juga: Penjualan Suzuki New Carry Pick Up Laris Manis, Disusul Suzuki XL7

Dari sekian banyak segmen, LSUV yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau menjadi favorit konsumen Indonesia.

Mengutip dari Kompas.com (29/5/2020), Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengatakan banyaknya pilihan LSUV di pasar dapat menjadi indikator bahwa segmen ini digemari.  

low SUV(LSUV) yang merujuk pada SUV berukuran sedang dengan fitur yang lebih kompak dan harga lebih terjangkau.
Suzuki Indomobil Sales
low SUV(LSUV) yang merujuk pada SUV berukuran sedang dengan fitur yang lebih kompak dan harga lebih terjangkau.

“Berdasarkan BPS, rata-rata keluarga Indonesia terdiri dari empat orang. Oleh sebab itu, secara pasar LSUV potensial. Banyak yang membutuhkan mobil dengan kabin luas dan ground clearance-nya tinggi,” terang Harold.

Salah satu contoh LSUV yang dipasarkan di Indonesia adalah Suzuki XL7 yang baru saja diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Ferbruari lalu. 

Suzuki XL7 hadir dengan platform HEARTECT dan dimensi 4.450 mm x 1.775 mm. Tampilannya sporty dengan grill chrome dan pelek  berdimensi 16 inchi. SUV 7-seater ini memiliki ground clearance 220mm.

Baca Juga: Suzuki XL7 Sudah Tersentuh Promo, Pilih Hadiah atau Diskon Sampai 18 Juta

Suzuki XL7 adalah SUV yang dilengkapi dengan serangkaian fitur berkendara canggih, salah satunya Smart e-Mirror. Jadi spion depan berfungsi seperti dash cam. Selain itu juga fitur keamanan lain seperti Anti Lock Braking System, Eletronic Brakeforce Distributor, dan Hill Hold Control.

Sementara di segi dapur pacu, XL7 sebenarnya mennggunakan mesin yang hampir sama dengan Ertiga yaitu mesin berkubikasi 1.500 cc . Tenaga yang mampu didistribusikan mencapai 104,7 PS atau 103,2 tk, sementara torsinya 138 Nm pada 4.400 rpm.

Informasi spesifikasi lebih lengkap dapat diperoleh di sini. Jika Anda sedang memiliki kebutuhan kendaraan tangguh dan berkapasitas luas seperti Suzuki XL7, saat ini Suzuki memiliki layanan Home Test Drive.

Menjajal performa dan fitur Suzuki XL7 dapat dilakukan dari rumah tanpa perlu repot datang ke diler. Lakukan pendaftaran untuk test drive di sini kemudian mobil akan diantar ke rumah.

Anda yang melakukan Home Test Drive, juga berkesempatan mendapat hadiah motor Suzuki GSXR 150 karena Suzuki tengah menggelar undian berhadiah bagi calon pembeli mobil Suzuki XL7.

Selain itu masih ada Home Test Drive Photo Competition yang berhadiah motor Suzuki Nex II. Untuk mengikuti kompetisi ini Anda hanya perlu berfoto saat melakukan test drive, buat sign angka tujuh dengan tangan, kemudian unggah ke Twitter, Facebook, atau Instagram. 

Jangan lupa mention akun Facebook Suzuki Indonesia, Twitter @SuzukiIndonesia, dan Instagram @Suzuki_id. Ada tiga motor Suzuki Nex II untuk tiga peserta dengan foto terbaik. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa