Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Bebas Tekor, Begini Tips Detailing Tanpa Harus datang ke Salon

Fathia Yasmine - Minggu, 29 November 2020 | 12:14 WIB
Ilustrasi perawatan mobil mandiri.
Shutterstock
Ilustrasi perawatan mobil mandiri.

Otomotifnet.com – Bagi pemilik kendaraan, menjaga kondisi mobil tidak cuma dilakukan pada bagian jeroannya saja. Memoles bodi mobil juga kerap dilakukan agar tampilan eksterior tetap kinclong dan terawat.

Untuk mempertahankan kilaunya, para pemilik juga tak segan untuk menambah kocek lewat bantuan bengkel detailing. Beberapa juga menganggap jasa detailing mampu memberikan kesan bersih dan kilau yang maksimal, berkat adanya alat detailing khusus yang tak dimiliki di rumah.

Padahal, anggapan ini tidak selalu benar. Asalkan Anda mengetahui tips dan trik memoles bodi mobil di rumah, kilau mobil pun bisa didapat tanpa harus mengeluarkan kocek lebih dalam. Selain itu, melalui kebiasaan ini juga, pemilik mobil bisa melihat langsung goresan atau noda yang kerap tak terlihat kasat mata.

Lalu, bagaimana cara bersih-bersih dan memoles bodi mobil yang tepat? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tipsnya. 

Utamakan kebersihan

Sebelum melakukan detailing rumahan, ingatlah jika kebersihan memerankan kunci penting agar tampilan mobil kian sempurna. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan eksterior mobil maupun kabin dengan cara menyeka atau mengelap setiap bagian-bagiannya.

Namun, hal ini bukan berarti Anda memperlakukan mobil secara berlebihan. Alih-alih menggunakan bahan kimia atau cairan khusus, penggunaan kain microfiber atau kanebo justru lebih disarankan.

Sebab keduanya memang diperuntukan untuk penggunaan eksterior mobil, kain microfiber juga memiliki permukaan yang cukup lembut sehingga tak akan menggores permukaan cat pada bodi mobil.

Baca Juga: Nissan X-Trail Kandas Jauh, Pelek TE37, Mesin Dicolek Minimalis

Anda juga bisa membeli sampo mobil, pembersih dan pelapis dan interior, semir ban, hingga pasta wax untuk mengilapkan bagian luar. Beberapa brand otomotif juga menyediakan produk perawatan dengan harga terjangkau, sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa