Industri Otomotif Jadi Andalan, Kemenperin Targetkan Penanaman Modal Meningkat di 2021

Naufal Shafly,Ignatius Ferdian - Selasa, 29 Desember 2020 | 17:45 WIB
(Ilustrasi) Penjualan mobil pada gelaran GIIAS 2019
Istimewa
(Ilustrasi) Penjualan mobil pada gelaran GIIAS 2019

Otomotifnet.com - Penanaman modal di sektor manufaktur ditargetkan Kementrian Perindustrian bisa naik sampai Rp 323,5 triliun pada 2021.

Bukan tanpa alasan, karena investasi modal dinilai bakal menjadi faktor penggerak yang menumbuhkan sektor industri tahun depan.

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan ada beberapa sektor yang menjadi primadona bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

"Beberapa sektor tersebut diantaranya industri makanan dan minuman, logam dasar, otomotif, serta elektronik," ucap Agus dalam keterangan resminya (28/12/2020).

Baca Juga: Corolla Altis Terlaris, Disusul Mazda 6, Ini Penjualan Sedan Selama November 2020

Kemenperin mencatat, sepanjang Januari-September 2020, sektor industri menggelontorkan dananya di Indonesia mencapai Rp 201,9 triliun atau berkontribusi 33 persen dari total nilai investasi nasional sebesar Rp 611,6 triliun.

Penanaman modal di sektor industri pada sembilan bulan tersebut meningkat 37% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, sekitar Rp 147,3 triliun.

Dari sektor otomotif, salah satu investasi baru yang masih berjalan adalah pembangunan pabrik Hyundai Motor Corporation, nilainya sebesar Rp 21,8 triliun.

“Mereka akan memproduksi battery electric vehicle pada tahun 2023. Selanjutnya, investasi PT. ABC untuk membangun pabrik cell battery senilai Rp 207,5 miliar dengan kapasitas maksimal sebesar 25 juta pcs per tahun,” ungkapnya.'

Baca Juga: Fortuner Gagah di Puncak, Pajero Sport Kedua, Ini Penjualan SUV Ladder Frame Januari-November 2020


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa