Konsultasi OTOMOTIF: Konsumsi BBM Kijang Innova 2009 8,5 Km/Liter Wajar kah?

Andhika Arthawijaya - Minggu, 17 Januari 2021 | 22:35 WIB
Ilustrasi Toyota Kijang Innova diesel
Dok. Otomotif
Ilustrasi Toyota Kijang Innova diesel

Otomotifnet.com - Halo Bang Andhika OTOMOTIF, mau nanya nih! Toyota Kijang Innova diesel saya manual 2009, jarak tempuh 96.800 km, bahan bakar pakai bio solar ditambah aditif ecodiesel.

Konsumsi dalam kota dalam kondisi macet 1:8,5 liter/km, luar kota lancar macet 1:11 liter/km. Pertanyaannya, apakah wajar konsumsi segitu?

Satu lagi, apakah perlu kalibrasi ulang nozzle, atau cukup purging dan kuras tangki solar, karena belum pernah dikuras supaya konsumsi irit dan lebih bertenaga Innova-nya?

Terima kasih Mas Andhika!

Bayu Pratama Adhi N. - Bandung

Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF: Ingin Upgrade Performa Honda Mobilio Secara PnP

Halo juga Kang Bayu. Mengenai konsumsi bahan bakar Toyota Kijang Innova diesel Anda, jika kondisi macetnya terbilang lumayan parah dan dalam waktu lama, saya rasa konsumsi solar dengan perbandingan segitu masih dalam kategori wajar. Apalagi bobot Innova kan lumayan berat.

Sebab dari hasil test drive yang pernah kami lakukan pada Innova generasi seperti yang Anda miliki itu, konsumsi BBM-nya (solar biasa) saat itu mencapai 1:10 liter/km untuk pemakaian dalam kota dengan kondisi lalu lintas padat lancar.

Sementara ketika diuji luar kota dengan kondisi lalin lancar, bisa mencapai 1:15 liter/km.

Tapi, mengingat usia pakai MPV diesel Anda itu sudah cukup lama, ada baiknya dilakukan kalibrasi nozzle, purging serta kuras tangki dan sekalian ganti filter solarnya.

Ini bertujuan agar suplai solar hingga ke ruang bakar berjalan dengan lancar, serta pengabutannya sempurna dan rata pada tiap silinder.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa