Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kiat Agar Mobil Di Atas 5 Tahun Lulus Uji Emisi, Begini Caranya!

Andhika Arthawijaya - Jumat, 12 Februari 2021 | 22:30 WIB
Ilustrasi uji emisi di bengkel Auto2000
Auto2000
Ilustrasi uji emisi di bengkel Auto2000

Otomotifnet.com - Kalau Anda pemilik mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, atau bahkan lebih dari 10 tahun sekalipun jangan berkecil hati.

Bukan berarti mobil Anda tidak akan bisa lulus uji emisi lantaran faktor usia pemakaian.

"Syarat mobil yang sudah berumur untuk lolos uji emisi, yang pertama mesin harus dalam kondisi baik," ujar Sartono, Technical Leader Auto2000 Bintaro.

Hal ini bisa dilihat dengan ciri-ciri seperti suara mesin yang halus, gas buang pada knalpot terlihat normal, tidak berwarna putih atau berwarna hitam.

Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF : Modifikasi Yang Bikin Emisi Gas Buang Tak Ramah

Pastikan dari knalpot tidak mengeluarkan asap
Kyn/Otomotifnet
Pastikan dari knalpot tidak mengeluarkan asap

Tidak pula ada kebocoran oli di seputar ruang bakar, yang menyebabkan pembakaran mesin terkontaminasi, dan asap knalpot berbau menyengat.

"Karena pembakaran yang tidak sempurna mengakibatkan amoniak yang tinggi, atau terkadang hidrokarbon-nya (HC) tinggi," jelas Sartono lagi.

Kemudian pastikan temperatur mesin dalam kondisi ideal, tidak terlalu dingin atau juga tidak overheating yang menyebabkan nilai gas buang tidak normal.

Kalau ternyata tidak lulus uji emisi bagaimana? "Harus dilakukan tune up atau penyetelan kembali supaya mesin bisa bekerja dengan normal,” sarannya.

Tapi, jika asap putih keluar dari knalpot terus menerus, “Biasanya dari sil klep atau ring piston yang sudah mulai aus. Sebaiknya turun mesin untuk memastikannya," tutup Sartono. Kyn

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa