Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ruas Tol Cipali Kerap Terjadi Kecelakaan Parah, KNKT Ungkap Tingkat Fatalitas Capai 97 Persen

Ignatius Ferdian - Rabu, 21 April 2021 | 15:25 WIB
Kecelakaan di Tol Cipali yang mengakibatkan 8 orang tewas
Instagram.com/gan.juragan
Kecelakaan di Tol Cipali yang mengakibatkan 8 orang tewas

Otomotifnet.com - Terkait dengan seringnya kecelakaan maut di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) angkat bicara.

Investigator KNKT Ahmad Wildan menilai, penyebab seringnya kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mayoritas tabrakan depan belakang antara kendaraan satu dengan yang lain.

Wildan juga menyebutkan, rata-rata yang kecelakaan di Tol Cipali ini fatalitasnya mencapai 97 persen yang artinya korban meninggal akibat kecelakaan tersebut mencapai 97 persen.

"Penyebab terjadinya kecelakaan di Tol Cipali ini, adalah gap kecepatan antara kendaraan yang cepat dengan yang lambat terlalu lebar," ucap Wildan dalam diskusi virtual (20/4/20210).

Baca Juga: Daihatsu Luxio Kucel, Bodi Terlipat Kabin Amburadul, Hajar Truk di Tol Cipali KM 122

Ia menjelaskan, standar aman gap kecepatan antara kendaraan satu dengan yang lainnya itu 30 kilometer per jam dan bila melebihi itu bisa berpotensi tabrak depan belakang.

Kemudian juga Wildan mengatakan, KNKT melakukan survei dan didapatkan data bahwa gap kecepatan di Tol Cipali bisa mencapai 100 kilometer per jam.

"Hal ini yang menjadi penyebab adanya tabrak depan belakang hampir setiap hari, karena gap kecepatannya terlalu besar," ujar Wildan.

Selain itu menurutnya, di Tol Cipali, truk besar dengan rear underrun protection atau bumper belakang tidak terlihat pada malam hari dan menambah potensi penyebab kecelakaan terjadi.

Baca Juga: Isuzu Elf Wajah Terkoyak di Tol Cipali, Oleng Terjang Truk Berhenti, 5 Penumpang Luka-luka

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa