Tips Beli Motor Bekas, Kondisi Tabung Rem Cakram Belakang Wajib Dicek, Rentan Masuk Angin

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Selasa, 15 Juni 2021 | 19:40 WIB
Posisi tabung minyak rem cakram belakang di motor tipe sport
Farhan
Posisi tabung minyak rem cakram belakang di motor tipe sport

Otomotifnet.com - Buat yang akan membeli motor bekas, kondisi tabung minyak rem pada motor dengan sistem rem cakram belakang wajib dicek.

Jika posisi master rem cakram belakang matik ada di setang kemudi sebelah kiri, motor tipe sport atau bebek posisi master rem cakramnya ada di bagian kaki-kaki belakang.

Namun khusus untuk motor tipe sport atau bebek, perlu perhatian lebih karena letaknya yang ada dekat roda belakang dan mesin.

“Sebab kondisinya lebih rawan terkena kotoran dan hawa panas mesin atau knalpot, jika dibandingkan master rem cakram belakang matik yang ada di setang,” ungkap Suyitno, Kepala mekanik bengkel Madhani Motor, Pondok Ranji, Tangerang Selatan.

Selain itu, dari segi material tabung minyak rem belakang umumnya dari bahan plastik sehingga secara kekuatan tidak sebaik bahan besi seperti rem depan.

Baca Juga: Pedagang Motkas Berikan Contekan, Dapat Unit Istimewa Pakai Trik Berikut

Seiring pemakaian, tabung minyak rem cakram belakang ini bisa mengalami getas atau retak hingga mengalami kebocoran.

“Kalau sudah bocor, indikasinya area sekitar tabung minyak rem bakal terlihat basah dan lengket saat dipegang karena ada yang rembes keluar,” lengkapnya.

Dalam kondisi bocor, sistem rem hidrolis rentan masuk angin sehingga fungsi rem belakang bisa terganggu.

Solusinya, tabung plastik minyak rem belakang harus diganti baru lalu di bleeding ulang supaya fungsinya kembali normal.

Baca Juga: Tips Boyong Motor Bekas, Kondisi Box Filter Udara Wajib Dicek, Ini Alasannya

Tentunya calon pembeli harus siapkan dana tambahan kalau motor bekas incaran mengalami kebocoran pada tabung master rem belakang tuh.

Jadi, ada baiknya periksa dulu kondisi tabung minyak rem belakang di motor bekas incaran dan pastikan kondisinya masih bagus.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa