Prioritas Riset Nasional, Genjot Pembuatan Baterai Pouch Motor Listrik

Harryt MR - Selasa, 20 Juli 2021 | 09:30 WIB
(Ilustrasi) Rekayasa teknologi pembuatan baterai untuk sepeda motor listrik dalam bentuk pouch
Dok. OTOMOTIF
(Ilustrasi) Rekayasa teknologi pembuatan baterai untuk sepeda motor listrik dalam bentuk pouch

Otomotifnet.com - Pengembangan infrastruktur kendaraan listrik terus digenjot, salah satunya oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Seperti disampaikan Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Industri Kemenperin, Heru Kustanto.

Pihaknya melakukan beberapa penelitian terkait pengembangan baterai dan inftrastruktur pengisian listrik, sesuai yang ditetapkan dalam Prioritas Riset Nasional (PRN).

Ia menyebut, contohnya berupa hasil rekayasa dari Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) dalam teknologi pembuatan baterai untuk sepeda motor listrik dalam bentuk pouch.

“Kemudian dari sisi penggerak, BBLM telah melakukan retrofitting motor listrik sebagai dapur pacu kendaraan listrik,” papar Heru.

Baca Juga: Kemenperin Ungkap Potensi Industri Kendaraan Listrik Indonesia

Kemudian untuk mengatasi penanganan limbah akibat penggunaan baterai kendaraan listrik, Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BPTPPI) Semarang, telah melakukan riset circular economy baterai kendaraan listrik.

Dilanjut, Baristand Industri Surabaya yang merupakan unit teknis Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin.

Dengan kompetensi inti di bidang industri elektronika, turut berkontribusi dalam program akselerasi program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

 


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa