Punya Produk Kembar, Bisa Enggak Mobil Toyota Servis di Bengkel Resmi Daihatsu Atau Sebaliknya?

Ignatius Ferdian,Wisnu Andebar - Selasa, 27 Juli 2021 | 20:00 WIB
Daihatsu Rocky
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Daihatsu Rocky

Otomotifnet.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan beberapa produk kembarnya di Indonesia.

Seperti Avanza dan Xenia pada tahun 2003, lalu Rush dan Terios pada tahun 2006, ada juga Agya dan Ayla, serta Calya dan Sigra pada 2016.

Selanjutnya produk kembar kelima yang hadir baru-baru ini adalah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Dengan banyaknya produk hasil kolaborasi ini, apakah pengguna mobil Toyota dapat melakukan servis di bengkel resmi Daihatsu, atau sebaliknya?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, ada baiknya pengguna mobil Toyota tetap merawat mobilnya ke bengkel resmi Toyota.

Meski Toyota dan Daihatsu punya kesamaan di beberapa produk, tapi memiliki potensi adanya perbedaan terkait standar perawatan ataupun pelayanan.

"Mungkin bukan masalah bisa atau tidaknya dirawat lintas brand ya untuk mobil kembar," kata Anton (27/7/2021).

Baca Juga: Cukup Rp 5 Juta Per Bulan Dapat Toyota Raize 1.0 Turbo, Setor DP Kredit Segini

Test drive Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS
Rendy/Otomotifnet
Test drive Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS

"Terlepas adanya kesamaan part khususnya untuk mobil-mobil kembar, melakukan servis sesuai brand tentu benefitnya juga baik buat yang memiliki," sambungnya.

Pasalnya, hal ini juga akan berpengaruh ke garansi mobil, yang mana akan berlaku apabila mobil dirawat dengan benar di bengkel resmi.

"Tujuannya tentu untuk bisa dijaga kondisi mobilnya dengan riwayat yang tercatat baik," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, Toyota sudah terkoneksi secara nasional di setiap bengkel resmi, maka datanya bisa diakses dan bisa terlihat riwayatnya.

Sehingga akan lebih mudah untuk perawatan berkala apabila ternyata harus merawat di bengkel Toyota lain, baik di kota yang sama ataupun daerah lain di Indonesia.

"Saat ini layanan bengkel juga sudah lebih banyak lagi ya di Toyota, ada yang home service, ada layanan konsultasi, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan pelanggan," tuturnya.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa