Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Insentif PPnBM 100 Persen Rampung, Honda Harap Bisa Dilanjut

Ferdian,Wisnu Andebar - Selasa, 31 Agustus 2021 | 20:50 WIB
Insentif PPnBM 100 persen rampung, ini tanggapan Honda
Istimewa
Insentif PPnBM 100 persen rampung, ini tanggapan Honda

Otomotifnet.com - Insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen untuk mobil baru dengan kapasitas 1.500 cc ke bawah rampung pada hari ini (31/8/2021).

Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.010/2021 yang diundangkan pada 30 Juni 2021, insentif PPnBM tetap berlanjut namun menjadi 25 persen pada September hingga Desember 2021.

Menanggapi hal itu, Yusak Billy, Business Innovation and Marketing and Sales Director HPM mengatakan, bahwa jika insentif PPnBM 100 persen berakhir tentunya akan berdampak terhadap pasar.

"Tapi kami percaya bahwa pemerintah juga telah mempelajari dampak positif dari insentif ini dan dapat mengambil kebijakan yang paling baik untuk semua pihak," kata Billy (31/8/2021).

Menurutnya, insentif PPnBM 100 persen sejauh ini terbukti efektif mendorong pertumbuhan pasar otomotif Tanah Air serta peningkatan ekonomi secara umum.

Jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan mobil di Indonesia secara retail selama Januari hingga Juli 2021 mencapai 451.872 unit.

Meningkat 27,7 persen jika dibandingkan retail sales periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 326.379 unit.

Baca Juga: Insentif PPnBM Selesai Hitungan Hari, Ini Taktik Auto2000 Goda Konsumen

Lebih lanjut, HPM mendukung penuh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang mengusulkan agar insentif PPnBM 100 persen untuk pembelian mobil baru diperpanjang.

"Berdasarkan berbagai dampak positif tersebut, kami percaya bahwa pemerintah akan mempertimbangkan kelanjutan kebijakan ini dan berharap bahwa insentif PPnBM ini dapat diperpanjang," imbuh Billy.

"Karena dampak positif dari insentif PPnBM tidak hanya pada industri otomotif, tetapi juga pada peningkatan produksi domestik, pendapatan negara, pendapatan rumah tangga, hingga kesempatan kerja," pungkasnya.

Sebagai informasi, tercatat ada enam produk Honda yang berhak menerima insentif PPnBM, yakni Brio RS, Mobilio, BR-V, City Hatchback, HR-V, dan CR-V.

Pasalnya model tersebut sudah memenuhi persyaratan, yakni tingkat kandungan lokal di atas 60 persen dan berkapasitas di bawah 1.500 cc.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa