Air Teh Kental Disebut Bisa Gantikan Minyak Rem, Ahli Beri Penjelasan

Irsyaad W,Naufal Shafly - Senin, 6 September 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi minyak rem pada motor
Dok. GridOto.com
Ilustrasi minyak rem pada motor

Otomotifnet.com - Muncul informasi jika air teh kental bisa digunakan untuk menggantikan minyak rem dalam kondisi darurat.

Beberapa sumber di dunia maya menyebutkan, cara pembuatan air teh kental ini dengan menyeduh dulu 4-5 bungkus teh tubruk dengan air panas setengah gelas.

Setelah benar-benar masak, lantas saring air teh tadi dan bisa dipakai untuk menggantikan minyak rem sementara.

Lantas, apakah mitos ini benar? Biar Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menjawab.

Menurutnya, air teh kental tidak bisa menggantikan fungsi minyak rem.

Baca Juga: Biasanya Buat Kerokan, Minyak Kayu Putih Terbukti Bikin Motor Irit Bensin

Ilustrasi air teh panas
Grid.id
Ilustrasi air teh panas

"Kalau teh kental sih enggak ada pengaruhnya, paling hanya warnanya doang yang berubah, isinya kan tetap air," ucap pria yang akrab disapa Yus ini saat dihubungi, (3/9/21).

Yus justru menyebut, air teh kental berbahaya jika dipakai sebagai minyak rem, walaupun pengunaannya hanya sementara saat kondisi darurat.

"Kalau air sebetulnya bahaya untuk rem, karena kan bisa menimbulkan karat. Kalau kita lihat, rem mobil atau rem motor kan ada penjepit atau kampas rem, kampas rem bisa menekan ke piringan kan ada semacam silinder atau pistonnya," jelas Yus.

"Coba bayangkan, kalau misalnya minyak rem diganti air, apakah komponen itu suatu saat enggak karatan? Pistonnya itu kalau kena karat kan pasti macet," lanjutnya.

Karena pistonnya macet, ada dua kemungkinan yang timbul, yakni rem akan mengunci saat ditekan, atau sebaliknya, rem justru tidak 'menggigit' dan malah menjadi blong.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa