Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalur Tengah Selatan, Solusi Pangkas Sukabumi-Ciamis Dari 1.000 Km Menjadi 350 Km

Irsyaad W - Kamis, 9 September 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi Jalur Tengah Selatan Jawa Barat dari Sukabumi-Ciamis
Kompas.com
Ilustrasi Jalur Tengah Selatan Jawa Barat dari Sukabumi-Ciamis

Otomotifnet.com - Jalur Tengah Selatan Jawa Barat disiapkan untuk memangkas jarak Sukabumi-Ciamis dari 1.000 km akan menjadi 350 km saja.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Jalur Tengah Selatan akan dibangun dari Sukabumi bagian barat hingga ke timur Jabar di wilayah Ciamis.

Total panjang jalan yang rencananya akan dibangun sepanjang 350 kilometer.

Pak Uu sapaan akrabnya mengatakan, Jalur Tengah Selatan Jabar ini diharapkan memberikan efek domino yang akan memangkas efektifitas waktu seperempat dari jarak tempuh yang biasanya dilalui.

"Jarak Palabuhanratu sampai dengan Pangandaran itu 1.000 kilometer. Kita akan pangkas melalui jalur tengah selatan seperempatnya menjadi 350 kilometer," kata Pak Uu di Sindangbarang dikutip dari TribunJabar.id, (8/9/21).

Baca Juga: Jalur Tengah Selatan Jabar Segera Dibangun, Jarak 312 Km Dari Sukabumi Hingga Ciamis

Pak Uu mengatakan, program tersebut tahun ini sudah masuk perencanaan DED mulai dari Sagaranten hingga ke Ciamis-Tasikmalaya.

"Kalau tak ada aral melintang tahun 2022 sudah mulai diawali pembangunan dari Barat dan dari Timur berbarengan demi kebaikan Jabar selatan, jangan ada anggapan Gubernur tak berpihak pada Jabar selatan," ujar Pak Uu.

Pak Uu mengatakan, masalah infrastruktur jalan rusak di Cianjur selatan juga menjadi catatan pihak provinsi.

"Semoga pemerintah provinsi Jabar merealisasikan, saya akan laporkan ke Gubernur Jabar dalam pertemuan rapat nanti," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin mengatakan, program yang sudah masuk ke Cianjur secara umum pembangunan Jalur Tengah Selatan yang menghubungkan Cianjur Sukabumi hingga Banjar.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa