Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transjakarta Targetkan Tahun 2030 Sebanyak 80 Persen Armadanya Berupa Bus Listrik

Ferdian,Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 9 Oktober 2021 | 17:00 WIB
uji coba bus listrik Higer di kantor pusat TransJakarta
Muslim/GridOto.com
uji coba bus listrik Higer di kantor pusat TransJakarta

Otomotifnet.com - Beberapa uji coba pengoperasian bus listrik jadi langkah awal untuk merealisasikan misi besar PT Transjakarta.

Misi tersebut yakni mentransformasikan armada bus Transjakarta menjadi berbasis energi listrik, supaya kualitas udara di DKI Jakarta semakin lebih baik.

Hal tersebut sejalan dengan mimpi mendiang Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, yang ingin 80 armada Transjakarta merupakan bus listrik pada 2030 mendatang.

Menanggapi ini, Direktur Teknik da Fasilitas PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto menuturkan, jajaran Transjakarta sudah bersiap untuk memulai transformasi elektrifikasi sesuai dengan mimpi Jhony.

"Apa yang sudah diperjuangkan mendiang Jhony dapat membawa Transjakarta jadi moda transportasi publik yang memberi kontribusi positif pada pengendalian kualitas udara Jakarta," ujarnya, dikutip dari Transjakarta.co.id.

Yoga menambahkan, jajaran Transjakarta juga akan menyalurkan seluruh tenaga dan pikiran guna mewujudkan mimpi Sardjono Jhony Tjitrokusumo.

Perlu diketahui, mendiang Sardjono Jhony Tjitrokusumo jadi salah satu orang yang ikut berusaha mewujudkan misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, yakni menghadirkan bus listrik sebagai armada Transjakarta.

Baca Juga: Bus Listrik Higer Dijajal TransJakarta, Kejar Target 100 Armada di Akhir Tahun

Armada bus listrik Transjakarta.
Tribunjakarta.com/Pebby Adhe Liana

Jhony juga diketahui sempat memperkenalkan Transjakarta ke dunia ketika menghadiri 2021 International Zero Emission Bus Conference di Denver, Colorado, Ameriika Serikat pada 15-17 September 2021 lalu.

Pada acara tersebut, ia menjelaskan kalau armada transportasi punya pengaruh besar terhadap kualitas udara di wilayah perkotaan.

Berangkat dari fakta ini, Jhony bersama Pemprov DKI Jakarta pun berusaha untuk mendorong Transjakarta agar menghadirkan armada bus listrik yang ramah lingkungan.

"Inisiatif ini selarah dengan percepatan penggunaan bus listrik untuk meningkatkan konservasi energi di sektor transportasi, meningkatkan kualitas udara dan mengurangi emisi," jelasnya pada saat itu.

Lalu terkait wacara penerapan bus listrik, sebetulnya Transjakarta sudah mulai melakukan proses uji cobanya bersama beberapa Agen Pemegang Merek (APM) sejak 2019 lalu.

Dengan begitu, Transjakarta bisa mempersiapkan untuk melakukan pergantian armada menjadi bus listrik secara perlahan di masa mendatang.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa