Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bilangnya Buat Angkut Tamu WorldSBK , 14 Mobil Rental Jadi Sasaran Gadai Pengusaha Travel

Ferdian - Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:20 WIB
Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi menunjukkan barang bukti yang digelapkan MF dengan alasan untuk transportasi tamu WorldSBK Indonesia.
TribunLombok.com
Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi menunjukkan barang bukti yang digelapkan MF dengan alasan untuk transportasi tamu WorldSBK Indonesia.

Otomotifnet.com - Memanfaatkan ajang WorldSBK Indonesia, oknum pengusaha travel di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terciduk melakukan penipuan.

Kejadi ini bermula saat oknum pengusaha travel bernama MF (31) menyewa mobil milik sejumlah masyarakat di daerah Lombok.

Dalam melakukan transaksi, MF mengatakan bahwa mobil tersebut akan digunakan untuk mengantar tamu saat WorldSBK Indonesia berlangsung.

Namun setelah mendapat mobil sewaan, MF justru menggadaikan ke orang lain untuk mencari keuntungan sendiri.

Melansir TribunLombok.com, ulah MF akhirnya dibongkar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Mataram.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi menjelaskan, pelaku sudah meyakinkan korban bahwa mobilnya akan digunakan saat event WorldSBK.

"Selain itu, pelaku juga mengatakan bahwa dirinya membutuhkan banyak kendaraan," buka Kombes Pol Heri Wahyudi, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Nissan Grand Livina Disewa Ibu Rumah Tangga, Awal Bayar Lancar, Ujungnya Alasan Bayar Utang

Untuk meyakinkan pemilik kendaraan, MF langsung menyerahkan uang muka Rp 6 juta dengan perjanjian menyewa mobil selama dua bulan.

Seiring berjalannya waktu, aksi MF mulai terkuak setelah pemilik mobil baik perorangan atau jasa penyewaan mulai curiga.

Kecurigaan itu timbul setelah mobil yang disewa dengan perjanjian dua bulan belum dikembalikan, bahkan molor jadi enam bulan.

"Pasalnya setelah mendapatkan mobil, MF langsung menggadaikan dengan nilai yang bervariasi sesuai jenis mobilnya," tambah Hari.

Heri mengatakan, MF menggadaikan mobil-mobil tersebut mulai Rp 30 juta hingga Rp 50 juta.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa