Terkuak, Kamera 360 Diduga Jadi Sebab Mitsubishi Xpander Cross Kena Recall

Radityo Herdianto,Ferdian - Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB
Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition
Trybowo Laksono
Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Otomotifnet.com - Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition di Indonesia kena recall PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Masalahnya ada pada Around View Monitor (AVM) atau populer disebut "kamera 360 derajat".

"Kami menemukan masalah saat pemasangan AVM di Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition yang mempengaruhi fungsi sein dan lampu hazzard," jelas Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam keterangan yang diterima (19/10).

"Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan di MMC (Mitsubishi Motor Corporation), ditemukan bahwa pemasangan komponen AVM di Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition produksi tahun 2021 memiliki potensi timbulnya masalah pada sistem lampu sein dan lampu hazard, berpotensi mengganggu jalur komunikasi dan informasi antar ECU kendaraan, serta berpotensi menyebabkan mesin berhenti bekerja pada saat mobil dikendarai," lanjutnya lagi.

Namun, ketika dihubungi (20/10 dan 22/10), PT MMKSI tidak bersedia memberikan penjelasan lebih detail mengenai kesalahan instalasi seperti apa yang terjadi sehingga komponen AVM tersebut menimbulkan masalah.

Oleh karena itu tim redaksi menemui beberapa bengkel yang biasa menangani pemasangan AVM aftermarket untuk memberikan pendapatnya mengenai persoalan AVM di Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Hasilnya ada tiga faktor yang diduga bisa menyebabkan pemasangan AVM di Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition menimbulkan masalah.

Baca Juga: Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition Kena Recall, Komponen Ini Bakal Dicabut

Fitur All-Around-View Monitor di Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition
PT MMKSI
Fitur All-Around-View Monitor di Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Dugaan pertama adalah komponen AVM tidak sinkron dengan control unit mobil atau ECU Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

"Kemungkinan ada yang salah terhadap komponen AVM ini, tidak sinkron dengan control unit mobil," analisa seorang pemain car audio senior di Jakarta yang kerap pasang AVM (21/10).

Menurutnya, kemungkinan besar perangkat canbus atau modul sebagai control unit AVM tersebut belum di-development 100 persen cocok dengan control unit Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Jadi ketika mengirimkan sinyal ke control unit mobil, mobil tidak bisa mendeteksi fitur kamera 360 sehingga tidak mengembalikan sinyal ke canbus AVM.

"Akhirnya terdeteksi malfungsi yang membuat ECU memerintahkan mesin untuk cut-off sebagai fitur safety," lanjutnya lagi.

Dugaan kedua adalah soket AVM tidak sempurna terpasang ke soket kabel bodi Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Jadi pin soket kabel AVM ada yang tidak bisa masuk sempurna dan ketika terkena guncangan dari pergerakan mobil di jalan bisa terlepas.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa