Razia Polisi Termasuk Operasi Zebra Disorot ITW, Disebut Tak Efektif

M. Adam Samudra,Irsyaad W - Kamis, 18 November 2021 | 15:30 WIB
Operasi Patuh Jaya yang dilakukan Polisi
Dok. Otomania
Operasi Patuh Jaya yang dilakukan Polisi

Otomotifnet.com - Razia lalu lintas yang dilakukan Polisi, termasuk Operasi Zebra mendapat sorotan Indonesia Traffic Watch (ITW).

Disebutkan oleh Edision Siahaan, Ketua Presidium ITW, razia dengan nama Operasi Zebra, Operasi Simpatik sampai Operasi Patuh disebut tak efektif meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas warga.

"Tetapi Polri justru melakukan operasi sebagai kegiatan rutin dan terjadwal yang tentu disesuaikan dengan anggaran," ucap Edison, (18/11/21).

"Padahal kegiatan itu dapat dilaksanakan saat menjalankan aktivitas rutin sesuai dengan tugas dan fungsi Polri, tidak mesti menggelar operasi," jelas Edison melalui keterangan resminya.

Menurut Edison, biasanya sebuah operasi digelar bila ada peristiwa yang luar biasa atau indikasi akan terjadi kegiatan yang tidak normal, sehingga perlu diantisipasi dengan operasi.

Baca Juga: Patut Curiga Ketemu Razia Operasi Zebra Tanpa Tanda Ini, Jangan Takut Nanya

"Seperti operasi Ketupat yang digelar menjelang hingga beberapa waktu setelah hari Raya Idul Fitri. Kemudian operasi Lilin menjalang Natal dan Tahun Baru," terangnya.

"Kedua peristiwa itu memicu terjadi aktivitas atau mobilitas yang tidak seperti biasa lantaran jumlahnya jauh melampaui dari biasanya. Sehingga perlu dilakukan tindakan dan langkah-langkah yang lebih khusus," bebernya.

Ilustrasi Operasi Patuh Jaya 2021
Korlantas.polri.go.id
Ilustrasi Operasi Patuh Jaya 2021

Kemudian setiap operasi selain memiliki pola dan target atau sasaran tertentu, juga mengerahkan personil yang jumlahnya tentu lebih besar dan harus didukung dengan anggaran khusus.

Pertanyaannya, apakah persyaratan teknis dan laik jalan serta kelengkapan dokumen regiden kendaraan maupun pengemudi atau dokumen perizinan kendaraan angkutan umum serta kesadaran tertib berlalu lintas maupun kemacetan menjadi dasar dan target sehingga operasi Zebra seperti saat ini perlu dilakukan?

ITW menyebut, apabila hal tersebut dijadikan dasar untuk menggelar operasi, tentu tidak akan memberikan hasil yang maksimal.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa