Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dilarang Pakai HP di Pom Bensin, Kok Ada Metode Pembayaran Cashless Lewat Ponsel?

Irsyaad W,Muslimin Trisyuliono - Selasa, 30 November 2021 | 11:30 WIB
Pengguna aplikasi MyPertamina bisa menikmati diskon Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite hemat Rp 250 per liternya
Pertamina
Pengguna aplikasi MyPertamina bisa menikmati diskon Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite hemat Rp 250 per liternya

Otomotifnet.com - Semua pom bensin pasti memajang larangan menggunakan HP saat isi BBM.

Tapi, PT Pertamina (Persero) juga menggalakan metode pembayaran non tunai atau cashless melalui Smarthphone untuk aplikasi MyPertamina.

Lantas bagaimana tanggapan Pertamina soal ini?

Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading) mengatakan, menggunakan ponsel saat mengisi BBM memang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran.

"Larangan menggunakan ponsel dan kamera di SPBU sifatnya untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggungjawab dan dapat menimbulkan percikan api," ujar Irto, (28/11/21).

Baca Juga: Ingat, Dilarang Memotret di Pom Bensin, Bukan Masalah Viral Tapi Karena Ini

Larangan saat isi BBM SPBU
Kompasiana.com
Larangan saat isi BBM SPBU

Irto melanjutkan, untuk transaksi non tunai menggunakan ponsel sebenarnya sudah dilakukan dalam jarak aman yakni sejauh 1,5 meter dari dispenser.

"Para operator SPBU, sudah dilatih menggunakan cara aman bertransaksi menggunakan MyPertamina di area SPBU, jadi bisa dipastikan tetap aman," ungkap Irto.

Untuk itu, jangan khawatir transaksi menggunakan non tunai di area SPBU asal mematuhi batas-batasannya seperti pastikan jarak aman.

Kemudian, bagi pengguna motor dan mobil dapat melakukan transaksi dengan meminta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina.

Lalu tunggu bukti pembayaran muncul dan status pembayaran dinyatakan berhasil. 

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa