Video Efek Buruk Pemakaian Bio Solar Pada Mobil Diesel Modern

Andhika Arthawijaya - Rabu, 8 Desember 2021 | 23:00 WIB
Video YouTube GridOto Tips
GridOto Tips
Video YouTube GridOto Tips

Otomotifnet.com - Sering kita jumpai di SPBU, tak sedikit mobil bermesin diesel modern yang teknologi mesinnya sudah common-rail, mengisi bahan bakar menggunakan bio diesel.

Kebanyakanan alasannya adalah karena harganya lebih murah, sehingga bisa lebih hemat pengeluaran.

Padahal dari pabrikan tidak direkomendasi menggunakan bio diesel ini, karena selain kadar sulurnya tinggi (maksimal 2.500 ppm), BBM diesel dengan cetane number 48 ini karena dicampur dengan 30% minyak nabati yang mengandung FAME (Fatty, Acid, Methyl, Ester), kadar airnya cukup tinggi.

Kandungan sulfur yang tinggi serta FAME tadi berisiko menimbulkan residu di dalam saluran bahan bakar hingga nozzle injector, sehingga dapat menyumbat lubang injector.

Baca Juga: Mobil Diesel Sering Konsumsi Bio Solar, Lakukan ini Bila Ingin Lulus Uji Emisi

“Bila residu ini sampai menyumbat injector, bisa merusak part tersebut serta pompa bahan bakarnya,” bilang Sumarno, punggawa Masmun Suskes Motor yang juga mantan trainer mekanik di salah satu pabrikan Jepang.

Asal tahu aja nih, harga injector mobil diesel common-rail lumayan mahal loh.

Nah, untuk menghindari hal itu, bila pemilik mobil diesel modern terpaksa harus mengisi bahan bakar mobil kesayangan pakai bio diesel, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Selain mengaplikasi filter solar tambahan, lakukan beberapa treatment dan tips yang disampaikan narasumber Oto Produk di video yang kami sertakan dalam artikel ini.

Selamat menyaksikan ya!


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa