Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Maling Spesialis Avanza Xenia Diciduk Polisi di Jogja, Alarm Dibikin Diam Saat Beraksi

Ferdian - Sabtu, 11 Desember 2021 | 11:30 WIB
Dua pencuri mobil spesialis Avanza dan Xenia diciduk polisi
TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Dua pencuri mobil spesialis Avanza dan Xenia diciduk polisi

Otomotifnet.com - Pria berinisial YP (34) dan AN (36) asal Sumatera Selatan spesialis maling Avanza-xenia diciduk polisi.

Keduanya dibekuk usai mencuri Toyota Avanza nopol AB 1643 FH yang terparkir di Jalan KS Tubun, Ngampilan, Kota Yogyakarta (8/11/2021).

Keduanya sudah lama berdomisili di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dan sengaja datang ke Yogyakarta untuk menggasak mobil.

Kanit 4 Satreskrim Polresta Yogyakarta, IPTU Ahmad Mirza mengatakan, modus pelaku melakukan pencurian berawal dari kedua tersangka berangkat dari Wonosobo pada Senin (8/12/2021) dini hari.

Pelaku mencari sasaran dengan berkeliling di beberapa wilayah Kota Yogyakarta, dan saat itu mereka berdua melihat Avanza milik korban bernama Lies Wahyu W yang terparkir di sebuah gang tak jauh dari rumahnya.

“Awalnya pelaku datang dari Wonosobo, sekitar jam 01.00 WIB dini hari pelaku berkeliling di Kota Yogyakarta dan menemukan mobil yang terparkir di sebuah gang milik Lies Wahyu,” Katanya saat jumpa pers di Mapolresta Yogyakarta, Jumat (10/12/2021) siang.

Dengam memanfaatkan situasi yang sepi, kedua pelaku kemudian beraksi dengan membuka pintu mobil milik korban menggunakan kunci T.

Baca Juga: Bodi Avanza dan Ayla Sobek, Adu Kepala Sabet Brio dan NMAX Bikin Pengemudi Kejepit

Untuk meredam suara alarm mobil, pelaku mencabut kabel aki yang terletak di bawah kap mobil.

“Pelaku membuka pintu mobil menggunakan kunci T. Kemudian merusak kunci starter dengan sebuah bor, dan untuk meredam suara alarm, pelaku mencabut kabel AKI,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan pelaku, lanjut Mirza, rangkaian aksi kejahatannya itu dilakukan dengan cepat dengan waktu tak kurang dari lima menit.

‘’Rangkaian aksi kejahatan itu dilakukan kurang dari lima menit. Jadi sangat cepat, dan YP ini awalnya ikut orang berinisial HR sama-sama pencuri spesialis mobil,’’ terangnya.

Dia menambahkan, dua pelaku ini merupakan pencuri spesialis mobil jenis Avanza dan Xenia.

‘’Memang spesialis mobil jenis Avanza dan Xenia, karena sudah tahu cara membobolnya. Sudah tahu cara untuk meredam alarmnya,’’ tegasnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa