Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pencahayaan Lampu Jenis LED Suka Kalah Saat Hujan, Tapi Menang Soal Ini Dibanding Halogen

Andhika Arthawijaya - Jumat, 10 Desember 2021 | 23:55 WIB
Ilustrasi lampu LED pada Honda Civic
Dok. Otomotif
Ilustrasi lampu LED pada Honda Civic

Otomotifnet.com – Saat ini hampir semua pabrikan berlomba-lomba menawarkan fitur atau teknolgi LED pada headlamp produk-produk terbaru mereka.

Karena memang selain lebih irit dalam pemakaian listrik, pemakaian LED tidak memerlukan space yang besar untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, fokus dan terang.

Namun kelemahan lampu jenis ini, karena warna cahayanya rata-rata putih, saat berkendara di malam hari dalam kondisi hujan, pantulan cahayanya sering ‘kalah’ pada permukaan jalan yang basah atau tergenang.

Alhasil jadi kurang maksimal dalam menerangi jalan yang basah, lantaran cahayanya bias.

Baca Juga: Lampu LED Lebih Terang Dari Halogen? Tonton Video Tips dan Pengetesan!

Ilustrasi lampu halogen
Ilustrasi lampu halogen

Tidak seperti lampu halogen yang umumnya warna cahayanya agak kuning, sehingga masih bisa menerangi permukaan yang basah.

Tapi ternyata belum banyak yang tahu, jenis lampu mobil LED lebih tahan terhadap kemasukkan air daripada jenis lampu halogen biasa.

"Headlamp LED itu bentuknya satu kesatuan atau assy, strukturnya rapat nyaris tanpa celah," buka Sarudin, dari bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk.

Berbeda dengan lampu halogen, masih ada lubang dengan penutup karet untuk akses bohlam yang bisa menjadi jalur air masuk.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa