Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Turun Atau di Dalam Mobil Saat Isi BBM Boleh-boleh Aja, Intinya Waspada

Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Selasa, 21 Desember 2021 | 21:20 WIB
Ilustrasi mobil mengisi bensin
Istimewa
Ilustrasi mobil mengisi bensin

Otomotifnet.com - Mengisi bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) hampir dipastikan jadi rutinitas sehari-hari bagi pemilik kendaraan.

Meski sudah jadi rutinitas, ada saja kebiasaan sebagian orang saat mengisi BBM di SPBU, salah satunya bagi pengemudi mobil yang memilih turun dari kendaraan dengan alasan keselamatan.

Ada juga kebiasaan pengemudi yang memilih tidak turun dari mobil dengan alasan lebih praktis dan menghemat waktu.

Melihat hal seperti ini, apakah saat mengisi BBM baiknya pengemudi mobil turun atau tidak?

Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina MOR III mengatakan tidak ada aturan untuk mewajibkan pengemudi turun atau tetap di mobil saat mengisi BBM.

Namun, Eko menjelaskan turun dari mobil dianggap lebih aman untuk memudahkan evakuasi saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

"Dianjurkan untuk posisi di luar kendaraan untuk mengantisipasi apabila ada hal-hal yang perlu segera direspon," ujar Eko Kristiawan (25/08/2021).

Baca Juga: Dicatat Dan Diingat, Pertamina Beberkan Alasan Mobil Pelat Merah Dilarang Isi BBM Bersubsidi

Lebih lanjut, apabila kondisinya hanya memungkinkan berada di dalam mobil saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara.

"Kondisi menghendaki harus di dalam tentunya sesuai dengan prosedur yaitu mesin kendaraan dalam posisi mati dan tidak memainkan telepon seluler," ungkap Eko.

Ia juga menambahkan mau pilihannya turun atau tetap berada di mobil, pengemudi harus tetap waspada saat mengisi BBM.

Selain itu, Eko mengimbau agar memilih bahan bakar yang sesuai dengan dengan jenis kendaraan, tetapi juga memenuhi standar ramah lingkungan.

"Mengisi BBM yang berkualitas dan ramah lingkungan karena selain lebih sesuai dengan spesifikasi mesin, membuat mesin lebih awet tentu saja lebih sehat seperti BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex," pungkasnya.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa