Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viral Polisi Tilang Motor Knalpot Brong Dan Kuras Bensinnya, Ini Kata Kakorlantas

Ferdian - Rabu, 5 Januari 2022 | 18:20 WIB
Video viral Yamaha R15 ditilang dan bensin dikuras
(Dok. TikTok @ganestianmv)
Video viral Yamaha R15 ditilang dan bensin dikuras

Otomotifnet.com - Beberapa waktu lalu viral video polisi menilang sejumlah pengendara motor dan ada salah satu motor dikuras bensinnya.

Merespons video yang beredar, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, kejadian dalam video viral itu harus diklarifikasi lebih dahulu.

Firman juga berpandangan, terkadang sebagai penegak hukum, polisi sering dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan melakukan diskresi.

“Sebagai aparat, polisi kadang dihadapkan pada situasi di mana harus lakukan diskresi kepolisian,” kata Firman (4/1/2022).

Lebih lanjut, ia menganalogikan saat seorang polisi berada dalam situasi sedang mengamankan sebuah barang bukti senjata api (senpi).

Menurutnya, dalam keadaan seperti itu, polisi bisa menggunakan pertimbangan subyektif untuk mengamankan senpi tersebut.

Ia mencontohkan, polisi itu bisa mengeluarkan peluru agar senjata tersebut aman dan senjata tidak bisa disalahgunakan.

“Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan subyektifnya, ia akan mengamankan senpi tersebut dengan mengeluarkan magasin, bahkan pelurunya agar senjata tersebut aman dan tidak bisa disalahgunakan lagi,” ucapnya.

Adapun video polisi yang menilang dan menguras bensin motor warga yang ditilang itu diunggah pada media sosial TikTok milik akun @ganestianmv. Tampak dalam video itu polisi berseragam menilang sejumlah pengendara motor sport.

Dalam video juga terlihat, perekam menanyakan tujuan polisi menguras tangki bensinnya.

Petugas kepolisian yang berada di video itu menyebutkan alasan tangki bensin dikuras agar motor tidak bisa jalan. Perekam pun heran karena polisi sudah menilang dirinya.

“Jadi ini dikuras dulu bensinnya, dikuras bensinnya biar enggak bisa jalan katanya, tapi tetap ditilang,” kata perekam dalam video itu.

Baca Juga: Maksudnya Apa? Yamaha R15 Pakai Knalpot Brong Ditilang, Polisi Masih Kuras Tangki Bensinnya

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2022/01/05/07542751/video-viral-polisi-tilang-dan-kuras-bensin-pengendara-motor-kakorlantas

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa