Majalaya dan Ciamis Bakal Tersambung, Pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Dimulai Tahun Ini

Ferdian - Rabu, 12 Januari 2022 | 18:40 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau proyek Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan di Kabupaten Sumedang, Senin (10/1/2022).
Istimewa/ Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau proyek Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan di Kabupaten Sumedang, Senin (10/1/2022).

Otomotifnet.com - Pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Cigatas dimulai pada 2022.

Peletakan batu pertamanya akan dilakukan bulan depan.

"Tol Cigatas akan groundbreaking Insha Allah bulan depan," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil seusai meresmikan Jembatan Leuwigajah, Kota Cimahi (12/1).

Selain groundbreaking Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, katanya, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan Tol Cisumdawu pun juga sakan beroperasi.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menetapkan pemenang pelelangan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Jalan Tol ini akan menghubungkan Jabar dengan Jateng dengan memiliki total panjang 206,65 km dan nilai investasi sebesar Rp 56 triliun.

Pada Rabu (5/1/2022) telah dilakukan serah terima surat penetapan pemenang lelang oleh Menteri PUPR yang diserahkan dari BPJT kepada konsorsium selaku pemenang lelang.

Terdiri dari, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Daya Mulia Turangga-PT Sarana-PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero Tbk (Konsorsium).

Melalui situs resmi BPJT, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap merupakan proyek prioritas di era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Sehingga dengan telah ditetapkan pemenang pelelangan pengusahaan Jalan Tol ini, nantinya pelaksanaan konstruksi dapat memiliki hasil yang berkualitas.


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa