Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkaca Camry Terbakar di Kawasan Senen, Ini Pemicu Api Saat Mobil Alami Kecelakaan

Ferdian - Rabu, 9 Februari 2022 | 20:15 WIB
Mobil Toyota Camry terbakar di Jakpus
Polres Jakpus
Mobil Toyota Camry terbakar di Jakpus

Otomotifnet.com - Kecelakaan yang menewaskan AKP Novandi Arya Kharizma di kawasan Senen, Jakarta Pusat, dikarenakan menabrak separator busway dalam kecepatan tinggi.

Hal tersebut tebukti dari olah tempat kejadian perkara (TKP), yang mana terdapat jalanan menurun dari jalan layang Senen sebelum separator itu.

Lalu, gesekkan kencang dengan separator juga bisa jadi penyebab munculnya api.

Demikian dikatakan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo setelah melakukan olah TKP kedua kalinya (9/2/2022).

"Kami cek TKP tadi malam, kedua kalinya, memang di depan separator ada jalan turunan dari jalan layang Senen," ucap Sambodo.

"Mungkin (menabrak) dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga kemudian menabrak separator itu menimbulkan percikan api. Tapi lebih jauh terjadinya kebakaran ini masih dalam penyelidikan," katanya.

Tapi dari sisi teknis, seberapa besar kemungkinan gesekkan antara mobil dengan benda tidak bergerak mengakibatkan keluarnya api? Sebab hal tersebut cukup jarang terjadi pada kasus sehari-hari.

Ilustrasi mobil terbakar
TribunJabar
Ilustrasi mobil terbakar

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, sebenarnya mobil terbakar saat terjadi kecelakaan tunggal bisa saja terjadi.

Rata-rata, itu dikarenakan percikan api hasil gesekkan menyambar suatu cairan yang mudah terbakar seperti bensin, oli, minyak rem, dan sebagainya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa