Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jualan di Januari 2022 Turun, Daihatsu Malah Cetak Sejarah Market Share Tertinggi

Muhammad Ermiel Zulfikar,Ferdian - Minggu, 13 Februari 2022 | 16:10 WIB
Booth Daihatsu
Wisnu/GridOto.com
Booth Daihatsu

Otomotifnet.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan penjualan retail sebanyak 17.506 unit dan market share sebesar 22,3 persen di januari 2022 lalu.

Apabila dibandingkan pencapaian Daihatsu Desember 2021 lalu, terjadi penurunan sebesar empat persen dengan membukukan penjualan retail sebanyak 18.200 unit.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan penurunan ini masih lebih rendah kalau dibandingkan market otomotif Tanah Air secara keseluruhan.

Mengingat selama periode tersebut pasar otomotif nasional hanya mencatatkan penjualan retail kurang lebih sebesar 78 ribu unit, atau turun 23,2 persen dibanding Desember 2021 lalu sebesar 101.468 unit.

Prestasi ini pun diklaim berdampak pada market share Daihatsu, hingga berhasil cetak rekor tetinggi sepanjang sejarah mereka yakni 22,3 persen.

"Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan awal tahun 2022 dengan mencetak rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Hendrayadi ini.

"Mudah-mudahan ini menjadi awal atau starting poin yang baik bagi Daihatsu pada 2022," imbuhnya saat berada di acara virtual yang diadakan ADM, Jumat (11/2/2022) kemarin.

Lebih lanjut, Hendrayadi juga mengungkapkan bahwa pencapaian Daihatsu selama Januari 2022 kemarin jauh lebih baik dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Bahkan naik sebesar 83,7 persen jika dibandingkan Januari 2021 lalu, yang hanya mencatatkan penjualan retail sejumlah 9.528 unit.

Adapun kontributor terbesar penjualan retail Daihatsu untuk segmen kendaraan penumpang, berasal dari Sigra dengan 4,9 ribu unit atau berkontribusi 28 persen.

Sedangkan untuk segmen kendaraan niaga dihuni oleh Daihatsu Gran Max pikap, yang terjual sebanyak 2,8 ribu unit atau berkontribusi sebesar 22 persen.

"Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan posisi nomor dua (brand terlaris) untuk ke-14 kalinya, dan target market share minimal 17,5 persen pada 2022 ini," tutup Hendrayadi.

Baca Juga: Daihatsu Daftarkan Xenia Sampai Ayla untuk Insentif PPnBM 2022, Total 51 Varian

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa