Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Ini Beberapa Penyebab Mesin Berisik Saat Kondisinya Dingin

Andhika Arthawijaya - Selasa, 15 Februari 2022 | 23:50 WIB
Ilsutrasii mesin Avanza
Aditya Pradifta
Ilsutrasii mesin Avanza

Otomotifnet.com - Mendengar atau mendapati ada keanehan pada mobil kesayangan, memang bikin hati-hati merasa was-was.

Apalagi bila berhubungan dengan mesin, karena pastinya kita akan khawatir terjadi hal-hal yang tidak dinginkan saat mobil lagi dikendarai.

Contohnya seperti yang disampaikan salah satu pembaca setia OTOMOTIF pada rubrik Konsultasi roda empat edisi 39-XXXI, yakni Kang Dudun Badurahim.

Dimana mesin Toyota Avanza G keluaran 2008 miliknya memperdengarkan suara berisik saat baru dihidupkan di pagi hari, atau ketika suhunya masih dingin.

Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF : Mesin Avanza G 2008 Berisik Saat Dingin

“Saya sudah coba lakukan anjuran engine flushing (baru 1 x), tapi suara berisik-nya masih ada. Apakah perlu dilakukan engine flushing lagi atau dicek ke bengkel bagian apanya? Mohon informasinya, Terimakasih,” tanyanya lewat surat elektronik.

Mengenai kendala mesin memperdengarkan suara berisik saat kondisinya dingin, Sumarno, punggawa Masmun Sukses Motor yang bermarkas di Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, mengatakan bahwa ada beberapa penyebab mesin berisik saat dingin.

“Tergantung tipe mesinnya,” bilang pria yang pernah jadi trainer mekanik di salah satui pabrikan mobil asal Jepang ini.

“Bila mesinnya menggunakan teknologi VLA (Valve Lash Adjuster) atau HLA (Hidraulic Lash Adjuster) atau klep hidrolik otomatis (tanpa perlu penyetelan), biasanya bisa karena mobil lama gak dipakai, sehingga muncul noise pas suhu mesin dingin, atau memang VLA-nya problem,” jelas Sumarno.

Contoh mobil yang menggunakan teknologi VLA seperti pada Suzuki Escudo 2.0, beberapa produk General Motor macam Chevrolet Captiva dan sebagainya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa