Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sah Harga Pertamax Naik Malam Ini, Pertalite Terpantau Anteng

Naufal Shafly,Panji Nugraha - Kamis, 31 Maret 2022 | 23:27 WIB
Ilustrasi pengisian BBM Pertamina Pertamax
Rianto Prasetyo / GridOto.com
Ilustrasi pengisian BBM Pertamina Pertamax

Otomotifnet.com - Sah harga Pertamax naik malam ini, sedangkan Pertalite terpantau anteng.

Kenaikan harga Pertamax disesuaikan oleh Pertamina dan berlaku per tanggal 1 April 2022 pada pukul 00.00 waktu setempat.

BBM non subsidi RON 92 (Pertamax) disesuaikan harganya menjadi Rp 12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor/PBBKB 5 persen), dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter.

Sedangkan, BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar subsidi yang dikonsumsi oleh 83 persen masyarakat Indonesia tidak mengalami perubahan harga atau ditetapkan stabil di harga Rp 7.650 per liter.

Berdasarkan data dari Pertamina, BBM non subsidi ini hanya dikonsumsi masyarakat sebesar 17 persen, dimana 14 persen merupakan jumlah konsumsi Pertamax dan 3 persen jumlah konsumsi Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

"Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak tahun 2019," jelas Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero).

Penyesuaian harga ini, lanjut Irto, masih jauh di bawah nilai keekonomiannya.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangan tertulisnya menyatakan dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp. 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp. 16.000 per liter.

"Dengan demikian, penyesuaian harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter ini masih lebih rendah Rp3.500 dari nilai keekonomiannya," kata Irto.

"Ini kami lakukan agar tidak terlalu memberatkan masyarakat," lanjutnya.

Dengan harga baru Pertamax, Pertamina tetap berharap masyarakat tetap memilih BBM non subsidi yang lebih berkualitas.

"Harga baru masih terjangkau khususnya untuk masyarakat mampu. Kami juga mengajak masyarakat lebih hemat dengan menggunakan BBM sesuai kebutuhan,"pungkas Irto.

Baca Juga: Penenggak Pertamax Dibuat Deg-degan, April 2022 Harga Bisa Sentuh Rp 16 Ribu

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa