Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Alasan Pertamax Tembus Rp 12 Ribu, Dibanding Shell, BP dan Vivo Mahal Mana?

Naufal Shafly,Ferdian - Jumat, 1 April 2022 | 20:00 WIB
Peningkatan konsumsi BBM di Tol Trans Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax
Pertamina
Peningkatan konsumsi BBM di Tol Trans Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax

Otomotifnet.com - Harga BBM non subsidi jenis Pertamax harganya terpantau naik pada Jumat (1/4/2022) pukul 00.00 waktu setempat.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Irto Ginting, mengungkapkan ada alasan di balik penyesuaian harga tersebut.

Menurutnya penyesuaian ini dipicu oleh krisis geopolitik yang terus berkembang sampai saat ini, yang mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi di atas 100 Dolar Amerika Serikat per barel.

Hal ini tentu mendorong harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) per 24 Maret 2022, tercatat 114,55 Dolar Amerika Serikar per barel.

Terjadi lonjakan hingga lebih dari 56 persen dari periode Desember 2021 yang hanya sebesar 73,36 Dolar Amerika Serikat per barel.

"Untuk menekan beban keuangan Pertamina, selain melakukan efisiensi ketat di seluruh lini operasi, penyesuaian harga BBM tidak terelakkan untuk dilakukan," ucap Irto dalam keterangan resminya (31/3/2022).

"Namun dengan tetap mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat," imbuhnya.

BBM non-subsidi RON 92 (Pertamax) disesuaikan harganya menjadi Rp 12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor/PBBKB 5 persen), dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter.

"Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya," jelas Irto lagi

"Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, sejak tahun 2019," lanjutnya.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa