Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dibilang Jadi Salah Satu Biang Macet, Truk dan Bus Akan Dilarang Lewat Jalur Puncak

Ferdian - Minggu, 10 April 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi arus lalu lintas puncak macet
(KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN)
Ilustrasi arus lalu lintas puncak macet

Otomotifnet.com - Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat macetnya makin parah tiap akhir pekan.

Demi mengatasi masalah ini, ada wacana untuk melarang bus dan truk melewati kawasan tersebut.

Untuk itu, Kepolisian Resor (Polres) Bogor menyiapkan konsep pembatasan kendaraan besar seperti bus dan truk, agar melintas di jalur alternatif kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

"Perlu adanya aturan pembatasan kendaraan bus atau truk ke jalur alternatif Puncak, dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata (9/4/2022).

Menurutnya, kemacetan di jalur alternatif sekitaran Puncak salah satunya disebabkan oleh bus dan truk yang lebarnya hampir sama dengan ruas jalan.

Dicky mengusulkan pembuatan lokasi parkir khusus kendaraan besar, yang akan masuk ke kawasan wisata yang ada di jalur alternatif Puncak.

Kemudian menyediakan angkutan khusus dari lokasi parkir kendaraan besar ke tempat-tempat wisata.

"Untuk pembangunan lokasi parkir rencananya ada tujuh lokasi, yakni Rest Area Cilember, Taman Wisata Matahari, RestArea Lembah Nyiur, lalu di RestArea Anggraeni, RestArea Sinbad, kemudian di Hotel Evergreen dan Gunung Mas," ucap Dicky.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku, mendukung penuh konsep yang disiapkan oleh Satlantas Polres Bogor, untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di jalur alternatif kawasan Puncak.

Ia meminta perangkat daerah Pemkab Bogor yang berkaitan untuk berkolaborasi membahas secara teknis untuk menindaklanjuti rencana program tersebut.

"Perlu dipersiapkan dengan matang terutama sosialisasi ke masyarakat. Gandeng juga PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) karena kawasan Puncak ini adalah kawasan wisata," kata Ade Yasin.

Baca Juga: Warga Bogor Ingin ke Bandara Soekarno Hatta, Tarif Tol Ada yang Murah dan Mahal

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/09/070200815/kurangi-macet-bus-dan-truk-bakal-dilarang-lewat-jalur-puncak

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa