Oli Mesin Tadinya 5W-30, Karena Mobil Sudah Lama Pakai Boleh Ganti 10W-30?

Andhika Arthawijaya - Jumat, 1 Juli 2022 | 23:55 WIB
Ilustrasi penggantian oli mesin
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Ilustrasi penggantian oli mesin

Otomotifnet.com – Pasti Anda sering dengar ungkapan mobil tua alias sudah lama pakai, sebaiknya menggunakan oli mesin yang lebih kental.

Misal yang tadinya pakai oli dengan tingkat kekentalan atau SAE 5W-30, diganti pakai yang 10W-30 atau bahkan 10W-40.

Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan, "Salah kaprah itu. Angka SAE yang depan menunjukkan tingkat kekentalan oli saat kondisi mesin dingin," bilang Arief Hidayat, CEO PT Welty Indah Perkasa, pemegang merek oli merek Wealthy.

Jika dikasih oli yang SAE depannya lebih kental, lanjutnya, "Efeknya oli jadi telat naik ke celah-celah sempit di dalam mesin untuk melumasi komponen yang bergesekan,” jelasnya.

Baca Juga: Mobil Capek Sebaiknya Lakukan Treatment Ini Agar Terhindar Dari Sludge 

Dampaknya terhadap mesin kata Arief memang tidak terasa saat itu juga, “Nanti setelah pemakaian sekian tahun, baru deh mesin mulai terdengar kasar,” tukasnya. 

“Itu karena clearance komponennya mulai longgar akibat awalnya salah pakai oli, yang membuat oli sering telat naik,” imbuh pria yang punya gelar Master di bidang Teknik Industri Otomotif Ini.

Masih kata Arief, misalnya kita mau beli oli 5W-30 tapi adanya cuma 0W-30, “Sebaiknya pakai itu yang 0W-30, lebih bagus ketimbang yang 5W-30,” ucapnya.

Bagus disini maksud Arief, dengan SAE yang lebih encer, saat kondisi suhu mesin masih dingin, oli akan lebih cepat tersalur celah-celah sempit pada komponen bergerak di dalam mesin.

Arief lantas menganjurkan bila kita ingin mesin mobil kesayangan selalu terjaga baik kinerja dan performanya hingga usia pakai yang lama, saat dari baru sebaiknya gunakan oli yang spesifikasi sesuai anjuran pabrik.

“Atau yang lebih bagus sekalian. Mahal sedikit enggak papa, yang penting nanti tuanya tuh mobil enggak merongrong kita,” tutupnya. 


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa